Ilustrasi/Reuters
Travel

Survei : 8 Dari 10 Orang Indonesia Bakal Traveling di 2020

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 17 Desember 2019 - 14:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah survei yang dilakukan Pegipegi sebagai Online Travel Agent (OTA) bekerja sama dengan lembaga survei internasional  YouGov mengungkapkan, 8 dari 10 masyarakat Indonesia memilih untuk traveling pada tahun 2020.

Survei ini dilakukan kepada lebih dari 2.000 responden yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengetahui preferensi traveling masyarakat Indonesia pada tahun 2020 yang telah dilakukan pada bulan November 2019.

Dalam survei ini, Pegipegi menemukan 3 tipe preferensi traveling yang diminati oleh traveler Indonesia. Yaitu, destinasi dengan pemandangan alam indah,  destinasi dengan budget terjangkau, dan destinasi tempat wisata sejarah dan warisan budaya.

Berdasarkan hasil survei Pegipegi, lebih dari 78% responden memilih traveling ke destinasi yang menyajikan pemandangan yang indah, 62% memilih untuk traveling ke destinasi dengan biaya yang terjangkau, dan 51% memilih untuk traveling ke destinasi yang mempunyai wisata budaya dan warisan sejarah. 

Berikut detail hasil survei yang ditemukan dari 3 preferensi traveling: 

Destinasi dengan Pemandangan Alam Indah

Destinasi dengan pemandangan alam yang indah lebih banyak diminati oleh responden berjenis kelamin perempuan. Kebanyakan dari mereka sudah berkeluarga dan bekerja full time dengan persentase hingga 82%. 

Pada kategori ini, Raja Ampat, Gunung Bromo, Dieng, Nusa Penida dan Labuan Bajo merupakan 5 tempat wisata pemandangan alam yang paling diminati oleh responden.

Responden menyebutkan tiga alasan utama mengunjungi tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah yaitu sebanyak 78% ingin menikmati pemandangan alam, 77% ingin menghilangkan stress, dan 69% ingin menyegarkan pikiran dari rutinitas kerja.

Destinasi dengan Biaya Terjangkau

Terdapat sebanyak 70% responden menyukai destinasi dengan biaya terjangkau berjenis kelamin perempuan, dan 72% diantaranya berusia 35 - 44 tahun.

Yogyakarta, Bandung, Denpasar, Malang dan Solo merupakan lima destinasi dengan kategori budget terjangkau yang paling banyak dipilih. Tiga alasan utama traveler memilih mengunjungi tempat wisata dengan budget terjangkau adalah 77% berpendapat bahwa banyak wisata murah dan bagus untuk dikunjungi, 76% ingin mencicipi kuliner khas yang murah, dan 71% diantaranya ingin mendapatkan kemudahan akses.

Tempat Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

Tempat wisata sejarah dan warisan budaya paling banyak diminati oleh responden berjenis kelamin laki-laki dengan persentase sebanyak 53%. Dalam survei ini, Yogyakarta menjadi lokasi favorit pilihan responden karena memiliki banyak wisata sejarah dan warisan budaya. Berdasarkan survei yang dilakukan, tiga besar lokasi favorit wisata sejarah dan warisan budaya yang diminati oleh traveler meliputi Candi Borobudur sebanyak 62%, Candi Prambanan sebanyak 56%, dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebanyak 51%.

Responden menyebutkan tiga alasan utama mereka memilih tempat wisata sejarah dan warisan budaya untuk bepergian pada tahun 2020 adalah, 81% ingin mengenal destinasi budaya atau sejarah secara lebih mendalam, 76% ingin menambah wawasan kebudayaan atau sejarah, dan 59% ingin mempelajari keunikan sebuah daerah.

Selain survei mengenai preferensi traveling di atas, Pegipegi juga melakukan riset untuk mengetahui kapan waktu untuk mendapatkan harga terbaik untuk melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel berdasarkan data pada tahun 2019.

Berikut daftar bulan pemesanan tiket pesawat dengan harga paling terjangkau berdasarkan data Pegipegi:

-          Rute Jakarta - Bali: Januari dan Februari

-          Rute Jakarta - Surabaya: Januari, Februari dan Juli

-          Rute Jakarta - Medan: Februari, Maret, April, Juni, dan Juli

-          Rute Jakarta - Yogyakarta: Januari dan Februari

-          Rute Yogyakarta - Jakarta: Sepanjang Februari - Mei, dan Agustus - Oktober

-          Rute Surabaya - Bali: Februari

-          Rute Surabaya - Makassar: Februari, Maret dan Mei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro