Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Aman Menyimpan Uang Saat Traveling

Saat liburan, kebutuhan dana keuangan Anda umumnya akan lebih besar dari biasanya. Sehingga, umumnya pelancong selalu membawa uang dalam jumlah besar dalam perjalanannya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 Desember 2019  |  14:00 WIB
Ilustrasi - Indiatourism
Ilustrasi - Indiatourism

Bisnis.com, JAKARTA - Saat liburan, kebutuhan dana keuangan Anda umumnya akan lebih besar dari biasanya. Sehingga, umumnya pelancong selalu membawa uang dalam jumlah besar dalam perjalanannya.

Membawa uang dalam jumlah besar juga harus dipertimbangkan segi keamanannya. Jangan sampai uang Anda hilang di tengah jalan, sehingga aktivitas liburan Anda terganggu dan sulit kembali pulang ke rumah karena kehabisan uang.

Berikut, ada 10 tips cerdas cara membawa uang yang aman saat liburan atau traveling seperti dikutip dari smarttraveler.com :

Bagi Uang

Jika memungkinkan, bagilah uang perjalanan Anda dan bahkan kartu kredit ke beberapa tempat yang aman. Jika Anda memiliki semua uang Anda di satu tempat, hanya perlu satu kali pencuri untuk mencuri uang Anda seluruhnya.

Jika memungkinkan, tinggalkan semua kartu dan uang tunai yang tidak akan Anda butuhkan segera di lokasi yang aman di hotel. Dan simpan uang Anda dalam tas yang berbeda, sehingga jika satu dompet dalam tas hilang, masih ada cadangan lain yang Anda miliki.

Pakai aksesori penyimpanan yang menempel pada tubuh

Pakailah tas atau dompet yang bisa dipasang menempel langsung pada tubuh Anda, seperti tas pinggang yang bisa dilekatkan pada tubuh dan kulit Anda.  Atau juga bisa digunakan pakaian dalam berkantong yang bisa aman menyimpan uang Anda jauh dari jangkauan pencuri.

Jangan menyimpang uang tunai terlalu besar

Usahakan jangan membawa uang tunai terlalu banyak. Bawalah atm atau kartu kredit yang lebih aman saat bepergian. Dan ambillah uang secukupnya di mesin atm sesuai kebutuhan. Selebihnya gunakan cashless.

Bawa Tas Anti-Pencurian

Saat ini, sudah banyak tas yang dirancang anti pencurian. Cara ini, bisa menjadi salah satu alternatif dari keamanan uang Anda selama traveling. Tas anti pencurian ini bisa mengalihkan pencuri sulit menjangkau uang atau dompet Anda yang disimpan dalam tas.

Gunakan Dompet Dummy atau dompet khusus traveling

Jika Anda bepergian di tempat yang dikenal dengan pencopet atau perampokan, pertimbangkan untuk membeli dompet murah  untuk digunakan sebagai umpan yang dapat Anda simpan di saku atau tas. Dengan cara ini pencuri hanya akan mencuri dompet tipuan Anda tersebut dan tidak sempat mengambil yang asli.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling

Sumber : smarttraveler

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top