Mencicipi Okonomiyaki Menu Tradisional Berusia 400 tahun Orang Jepang

CHIBO, Restoran Jepang di Gandaria City ini punya aneka hidangan khas Jepang yang menggoda untuk menjadi alternatif pilihan destinasi wisata gastronomy yang patut dikunjungi bagi konsumen di Indonesia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 25 November 2019  |  15:18 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – CHIBO, Restoran Jepang di Gandaria City ini punya aneka hidangan khas Jepang yang menggoda untuk menjadi alternatif pilihan destinasi wisata gastronomy yang patut dikunjungi bagi konsumen di Indonesia.

Sebagai informasi, berdiri sejak 1973, CHIBO, destinasi kuliner ternama dunia yang berasal dari Sennichimai, Osaka, Jepang, merupakan salah satu brand Food & Beverage (F&B) terkemuka dan terkenal di kalangan turis domestik dan internasional, karena memiliki pengalaman lebih dari 45 tahun menyajikan menu andalan lezat yang terdiri dari okonomiyaki, teppanyaki, dan yakisoba bagi para tamu dan pelanggan setia.

Setelah CHIBO memantapkan peta kuliner dengan membuka berbagai cabang dalam kurun waktu 17 tahun di Jepang, pada 1990, CHIBO kemudian melebarkan sayap dan membuka gerai internasional perdana di Honolulu, Hawaii. Lalu pada tahun 2015 di Malaysia, dan pada awal tahun 2019, di Jakarta, Indonesia, tepatnya di Gandaria City Mal.

Hingga saat ini, CHIBO memiliki lebih dari 70 gerai di seluruh dunia, yaitu di Jepang, Hawaii, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Hong Kong, Thailand, Taiwan, Tiongkok, dan sebagainya.

Lowrenz Tanuwidjaja, COO, CHIBO Indonesia, mengatakan bahwa kreasi okonomiyaki, teppanyaki, dan yakisoba, merupakan produk kuliner autentik khas Jepang yang sudah mendunia hingga dikenal oleh masyarakat Indonesia pencinta kuliner Jepang.

“Chibo, sebuah brand kuliner legendaris dan sensasional, telah hadir di Indonesia selama kurang dari satu tahun, memberikan akses untuk menikmati rangkaian menu unggulan CHIBO yang menjadikannya sebagai salah satu agenda wajib bagi para turis yang mengunjungi Osaka. Para pengunjung gerai kami kebanyakan terdiri dari ekspat Jepang, Korea, serta warga Indonesia yang telah menikmati menu CHIBO di Osaka dan kangen dengan menu unggulan kami,” terangnya.

Mengenai Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah menu tradisional berusia 400 tahun yang menjadi symbol makanan pokok bagi warga dan masyarakat Jepang yang bermukim di Osaka. Dalam bahasa Jepang, okonomi artinya “suka-suka” dan yaki berarti “panggang”. Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera konsumen.

 Menu tersebut dibuat dengan cara mencampur bahan-bahan seperti tepung terigu yang diencerkan dengan air (tepung atau adonan okonomiyaki), ditambah kembang kol, daging sapi, telur ayam, dan menu hidangan laut, kemudian digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Dapat disantap begitu saja atau dipadu dengan nasi putih.

Terdapat dua gaya okonomiyaki, yaitu gaya Osaka dan gaya Hiroshima (Hiroshimayaki). Adapun, Chibo mengadopsi kedua gaya tersebut. Perbedaan antara kedua gaya tersebut terletak pada penyajian kembang kol dan sayur lainnya, dimana gaya Hiroshimayaki, irisan kol dan sayur mayur diletakkan di atas adonan yang dilebarkan di atas penggoreng, mirip dengan metode pembuatan panekuk.

Metode ini menjamin kegurihan dan kegaringan sayur pada setiap gigitan hidangan. Menu okonomiyaki di CHIBO dapat dinikmati oleh sekitar 3 orang. Menu unggulan tersebut terdiri dari CHIBO Okonomiyaki (Rp. 100.000), Seafood Okonomiyaki (Rp. 98.000), Chicken Okonomiyaki (Rp. 78.000), Cheese Yaki (Rp. 105.000), dan Hiroshima Yaki (Rp. 95.000).

Tidak hanya itu saja, Chibo pun berkreasi dengan menciptakan Indonesia Okonomiyaki seharga Rp. 82.000. Di mana, Indonesia Okonomiyaki terdiri dari Soboro Chicken, udang, cabe rawit, serta nasi putih.

Mengenai Teppanyaki

Kemudian, CHIBO pun hadir menyajikan pengalaman teppanyaki yang tidak asing lagi bagi penggemar kuliner di tanah air. Pengalaman sajian interaktif penuh hiburan dimana koki beratraksi memasak hidangan pesanan di depan tamu sembari bercakap dengan tamu tersebut merupakan suguhan konsep hidangan yang telah dikenal dengan cukup baik.

 

Menu yang pada umumnya dapat dimasak di atas plat besi (teppan) tersebut terdiri dari daging sapi (berupa steak), ayam, pilihan hidangan laut, sayur mayur, hingga panekuk.

Jajaran menu teppanyaki di CHIBO terdiri dari Teppan Tenderloin Steak (Rp. 190.000), Teppan Sirloin Steak (Rp. 150.000), Teppan Beef Tongue (Rp. 90.000), Teppan Chicken Teriyaki (Rp. 75.000), Teppan Chicken with Garlic (Rp. 75.000), dan Teppan Assorted Seafood (Rp. 110.000).

Selain itu terdapat pula menu Teppan Salmon (Rp. 130.000), Teppan Salmon Foil Yaki (Rp. 145.000), Teppan Garlic Prawn (Rp. 99.000), Teppan Avocado and Shrimp (Rp. 99.000), dan masih banyak lagi ragam pilihan di gerai.

Lowrenz mengungkapkan bahwa Top 3 menu yang paling laris di CHIBO adalah Chibo Okonomiyaki, Omusoba, Teppan Tenderloin. Menu-menu tersebut berhasil memukau para pengunjung sehingga mereka kembali membawa sahabat atau rekan mereka untuk berbagi pengalaman bersantap di gerainya.

“Kami juga ingin mengundang masyarakat Indonesia pencinta kuliner yang belum pernah mencicipi menu unggulan CHIBO untuk datang ke gerai kami di Gandaria City Mall. Jajaran pilihan menu makanan CHIBO dapat dinikmati kapanpun juga,” tutup Lowrenz.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kuliner

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top