Sup Tunjang, Sajian Tepat Saat Hujan di Pekanbaru

Salah satu kuliner yang patut dicoba saat sedang berada di Pekanbaru adalah sup tunjang, hidangan berkuah bening yang kaya rempah.
Arif Gunawan & Rivki Maulana
Arif Gunawan & Rivki Maulana - Bisnis.com 23 November 2019  |  11:11 WIB
Sup Tunjang, Sajian Tepat Saat Hujan di Pekanbaru
Tampilan sup tunjang di kedai Sup Tunjang Pertama di Gg. Sumo, Pekanbaru. - Bisnis/Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra

Bisnis.com, PEKANBARU - Cuaca di Pekanbaru, ibu kota Provinsi Riau, belakangan diguyur hujan cukup deras dalam satu pekan terakhir. Hujan acapkali turun saat sore hingga malam, berkebalikan dengan cuaca saat siang yang panas menyengat.
 
Di tengah cuaca dingin, hidangan berkuah bisa menjadi pilihan. Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra menyambangi kedai Sup Tunjang Pertama di Gg. Sumo yang bisa ditempuh melalui Jalan Kayu Manis.
 
Ada sepuluh kendaraan roda empat yang parkir di dekat kedai ini dan suasana di dalam kedai memang ramai. Kedai Sup Tunjang Pertama di Gg. Sumo tak menyediakan menu.
 
Hanya ada tiga pilihan, sup ayam, sup daging, dan sup tunjang. Berbeda dengan sajian Melayu yang sarat dengan santan, sup tunjang terlihat bening.
 
Aroma rempah cukup menggetarkan indera penciuman. Aroma ini sekira berasal dari paduan bawang, cengkih, jahe, dan kayu manis. Rasa segar hinggap di lidah saat Bisnis mencicip kuah sup.
 
Di meja, terhidang garam dan sambal cabai hijau untuk menambah rasa pedas di kuah sup. Selain itu, terdapat aneka kerupuk dan keripik sebagai tambahan untuk menikmati sup tunjang.
 
Dalam satu porsi sup, ada 5 potongan daging jika memesan sup daging dan 5 potongan tunjang jika memesan sup tunjang. Baik daging maupun tunjang terbilang empuk. Disajikan dengan nasi hangat, sup tunjang cukup untuk menjadi penyelamat dari keroncongan.
 
Tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk menebus sup tunjang. Satu porsi dibanderol Rp20.000. Kedai Sup Tunjang Pertama di Gg. Sumo buka hingga pukul 21.30 WIB.

Program liputan Jelajah Infrastruktur Trans Sumatra Tahap III ini didukung oleh PT Hutama Karya (Persero) Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Tbk.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019, kuliner

Sumber :

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top