Liburan ke Purwakarta? Yuk Kunjungi 5 Destinasi Keren Ini!

Wisata di Jawa Barat memang tidak ada matinya. Tidak hanya Bandung dan Bogor, daerah-daerah lain di Jawa Barat juga memiliki keindahan yang tidak kalah memesona. Salah satu daerah tersebut, misalnya Kabupaten Purwakarta.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 21 November 2019  |  08:42 WIB
Liburan ke Purwakarta? Yuk Kunjungi 5 Destinasi Keren Ini!
Gunung Lembu/ Purwakarta. Credit: Pixabay

Bisnis.com, PURWAKARTA -- Wisata di Jawa Barat memang tidak ada matinya. Tidak hanya Bandung dan Bogor, daerah-daerah lain di Jawa Barat juga memiliki keindahan yang tidak kalah memesona. Salah satu daerah tersebut, misalnya Kabupaten Purwakarta.

Berada dekat Bogor dan Bandung, Purwakarta memiliki area perbukitan yang hijau dan sejuk. Purwakarta memiliki daya tarik keindahan alam dan udara yang bersih dan sejuk.

Kenyamanan dan suasana tenang jauh dari hiruk pikuk kota besar menjadikan Purwakarta berjulukan ‘Kota Pensiun’. Destinasi wisata yang tepat untuk relaksasi dari padatnya rutinitas dan bisingnya kota.

Seiring waktu, kini bermunculan tempat-tempat wisata baru di Purwakarta. Nah, jika ingin liburan sambil menenangkan jiwa, berikut lima destinasi wisata di Purwakarta yang wajib dikunjungi.

1. Desa Sajuta Batu

Menenangkan pikiran biasa dilakukan dengan menikmati pemandangan alam. Desa Sajuta Batu di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru ini merupakan lanskap pedesaan yang tetap mempertahankan keaslian alam dan budayanya. 

Dinamakan Desa Sajuta Batu karena kawasan ini memiliki berbagai macam batuan yang tersebar. Dari batu alam kecil hingga batu andesit utuh berbentuk gunung setinggi 900 meter.

Selain menikmati ketenangan Desa Sajuta Batu, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya. Dari rock climbing, mengunjungi cagar budaya, berkemah, flying fox, offroad, hingga memancing.

2. Curug Tilu

Curug Tilu merupakan air terjun yang dikelilingi pepohonan hijau nan rindang dengan kontur bebatuan pegunungan. Terletak di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, dinamakan Curug Tilu karena air terjun tersebut memiliki tiga undakan.

Semakin menyenangkan, Curug Tilu masih belum banyak diketahui orang. Pemandangan alam yang masih asri dengan air jernih, sangat pas menjadi tempat untuk bersantai. Kamu bisa berenang atau sekadar bermain air di sini.

3. Gunung Lembu

Bagi sejumlah orang, menenangkan pikiran bisa diakukan dengan cara bertualang dan memacu adrenalin. Nah, Purwakarta memiliki destinasi indah sekaligus seru untuk bertualang bernama Gunung Lembu.

Gunung Lembu yang terletak di Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani ini memiliki rute pendakian yang menantang. Tidak perlu khawatir, kelelahan saat menuju puncak terbayarkan dengan pemandangan luar biasa indahnya.

Di atas Gunung Lembu pengunjung bisa menikmati lanskap Waduk Jatiluhur dari ketinggian 792 meter di atas permukaan laut. Sempatkanlah menikmati eksotisnya matahari terbenam di atas puncak, lalu gemerlapnya cahaya kota di malam hari. Semakin romantis jika membawa pasangan.

4. Mata Air Cijanun

Suasana khas pedesaan sangat pas untuk menenangkan pikiran dari hiruk pikuk kehidupan kota. Mata Air Cijanun di Kampung Cijanun Lembangsari, Desa Cipendeuy bisa jadi pilihan tepat untuk relaksasi dengan tenang dan nyaman.

Wisatawan dapat bermain air di sumber mata air alam yang masih asli. Berenang atau berendam dikelilingi pepohonan hijau dan bebatuan unik memberikan pengalaman berbeda saat liburan.

Tidak hanya mata air, di sini juga wisatawan bisa bersepeda di trek yang telah disediakan atau berjalan-jalan mengelilingi perbukitan hijau. Jangan lupa berfoto untuk update di media sosial, ya!

 5. Hidden Valleyhills

Hidden Valleyhills bisa menjadi pilihan resort untuk relaksasi. Hidden Valleyhills merupakan kawasan wisata yang lengkap dengan villa, skypool, dan resort. Hidden Valleyhills terletak di Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani.

TIdak hanya itu, Hidden Valleyhills merupakan destinasi wisata hits karena memiliki spot-spot foto yang instagramable. Pemandangan indah Gunung Parang, Gunung Cupu, dan Gunung Lembu juga bisa jadi latar foto keren.

Wisata ke Purwakarta kini sangat mudah. Jika tidak ingin lelah mengendarai kendaraan pribadi, menggunakan kereta api merupakan pilihan tepat. Selain cepat dan nyaman, sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan Jawa Barat yang asri. 

Jadwalkan dan pesan tiket kereta untuk liburan kamu ke Purwakarta melalui Traveloka. Traveloka memberikan kemudahan dan harga terbaik untuk pemesanan tiket kereta ke Purwakarta. Siap lari dari kesibukan rutinitas sejenak?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Traveloka

Editor : Media Digital
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top