5 Tempat Lumpia Terbaik Saat Liburan ke Semarang

Semarang merupakan destinasi favorit liburan di Provinsi Jawa Tengah. Liburan ke Semarang belum lengkap rasanya bila tidak menikmati kuliner khasnya, lumpia.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 11 November 2019  |  09:38 WIB

Bisnis.com, SEMARANG -- Semarang merupakan destinasi favorit liburan di Provinsi Jawa Tengah. Liburan ke Semarang belum lengkap rasanya bila tidak menikmati kuliner khasnya, lumpia.

Perpaduan cita rasa Tionghoa dengan Jawa, menjadikan lumpia memiliki ciri khasnya tersendiri. Lumpia terbuat dari rebung, telur, daging ayam atau udang dibungkus dengan kulit lumpia. Nah, lumpia dipercaya dibuat pertama kali oleh keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang lokal di Semarang.

Kini, lumpia sangat mudah ditemukan di Semarang. Baik untuk makan di tempat atau dijadikan oleh-oleh.

Jika kamu mencari tempat lumpia terbaik saat liburan di Semarang, berikut lima tempat lumpia yang harus kamu kunjungi.

1. Lumpia Gang Lombok

Diawali dengan tempat lumpia legendaris di Semarang, Lumpia Gang Lombok. Lumpia Gang Lombok merupakan pelopor lumpia. Kini, Lumpia Gang Lombok yang terletak di Jalan Gang Lombok nomor 11 ini, dikelola oleh generasi ketiga dari pencipta lumpia semarang. 

Rasa otentik udang yang tercampur rebung semakin lezat dengan saus khasnya. Satu Lumpia Gang Lombok dibandrol sekitar Rp 15.000 dengan varian goreng dan basah. Sambil menikmati Lumpia Gang Lombok, pengunjung bisa merasakan suasana zaman dulu di sekitaran warung.

2. Loenpia Mbak Lien

Selain Lumpia Gang Lombok, Loenpia Mbak Lien juga merupakan salah satu lumpia legendaris di Semarang. Dikelola oleh generasi keempat, ciri khas dari Loenpia Mbak Lien yaitu racikan daging ayam kampung dicampur dengan udang pada isiannya.

Harga seporsi Loenpia Mbak Lien sekitar Rp 16.000. Loenpia Mbak Lien terletak di Gang Grajen, Jl. Pemuda No.1. Di Gang Grajen sebenarnya banyak yang menjajakan lumpia, namun Mbak Lien masih menjadi favorit di kawasan ini. Suasana khas Jawa zaman dulu memberikan pengalaman tersendiri saat menikmati lumpia di sini. 

3.Lumpia Mataram

Satu lagi lumpia legendaris di Semarang, Lumpia Mataram. Berjualan sejak 1988, hanya ada satu warung Lumpia Mataram di Semarang. Saat liburan ke Semarang, kamu hanya bisa menemukan Lumpia Mataram di Jalan MT Haryono No 533 A. Sama dengan Loenpia Mbak Lien, Lumpia Mataram merupakan generasi keempat dari pencipta lumpia di Semarang.

Menawarkan berbagai variasi lumpia baik goreng ataupun basah, daya tarik Lumpia Mataram yaitu sausnya. Pengunjung datang ke Lumpia Mataram untuk menikmati kulit lumpia garing yang dicocol ke saus manis. Harga satu lumpia sekitar Rp 14.000.

 4. Lumpia Cik Me Me

Meliani Sugiarto atau dikenal Cik Me Me merupakan nama pemilik kios lumpia ini. Cik Me Me merupakan generasi kelima lumpia Semarang.

Ciri khas Lumpia Cik Me Me yaitu inovasi dan konsep modern pada lumpia Semarang tanpa mengubah bahan baku utama. Sajian lumpianya bervariasi. Tidak hanya isian daging ayam dan udang, di sini pengunjung bisa menikmati lumpia dengan isian daging kakap, kepiting, jamur, dan lain-lain.

Terletak di Jalan Gajah Mada 107, pengunjung akan dibuat nyaman dengan fasilitas Lumpia Cik Me Me saat makan di tempat. Harga Lumpia Cik Me Me dibandrol berkisar Rp 8.000 - Rp 20.000.

 5. Lunpia Semarang Sari Rasa

 Nah, jika sebelumnya lumpia-lumpia yang berasal dari satu garis keturunan lumpia Semarang, kali ini tempat yang harus dicoba diluar dari generasi keluarga lumpia semarang. Lunpia Sari Rasa, buatan orang lokal Semarang tidak kalah dengan resep Tionghoa.

Menawarkan berbagai varian isi yang menggungah selera, Lunpia Sari Rasa ini dapat dinikmati dengan digoreng atau lumpia basah. Liburan ke Semarang, tidak ada salahnya mampir ke Jalan Anjasmoro Raya No. 58, Karangayu untuk menikmati Lunpia Sari Rasa.

Selain Sari Rasa, terdapat beberapa lumpia yang bukan keturunan asli lumpia Semarang. Seperti Lumpia Pak Sastro dan Lumpia 57 tidak kalah rasanya dengan generasi lumpia Semarang. Wajar saja banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh.

 Agar tidak ribet saat berkeliling berburu lumpia,  coba rental mobil di Semarang saja. Pesan rental mobil pun kini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui Traveloka. Momen liburan di Semarang pun semakin nyaman dan berkesan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Traveloka

Editor : Media Digital
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top