5 Destinasi Anti Mainstream untuk Liburan Akhir Tahun di Bandung

Sebagai salah satu destinasi wisata  di Indonesia, Bandung seakan tak pernah ada habisnya untuk dijelajahi.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 01 November 2019  |  09:12 WIB
5 Destinasi Anti Mainstream untuk Liburan Akhir Tahun di Bandung
gedung sate bandung

Sebagai salah satu destinasi wisata  di Indonesia, Bandung seakan tak pernah ada habisnya untuk dijelajahi.

Kota yang eksotik ini memiliki segala keistimewaan yang membuat banyak orang sulit berpaling dan selalu ingin kembali.

Mulai dari keindahan alamnya yang mempesona hingga kelezatan kulinernya yang membuat Anda sulit untuk diet.

Bagi masyarakat Ibu Kota, Bandung memiliki daya tarik tersendiri. Jarak tempuh Jakarta-Bandung yang relatif singkat, menjadikan kota ini  ideal untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Menjelang akhir tahun, tak ada salahnya jika Anda memasukkan Bandung ke dalam daftar destinasi liburan.

Apalagi perjalanan ke Bandung semakin fleksibel dengan berbagai pilihan moda transportasi, termasuk sewa mobil.

Bagi Anda yang akan berlibur akhir tahun ke Bandung, cobalah untuk mengunjungi beberapa tempat di bawah ini.

Selain menyajikan keunikan tersendiri, tempat-tempat wisata ini juga sangat ramah untuk keluarga. 

1. Saung Angklung Mang Udjo

 Saung Angklung Mang Udjo adalah salah satu destinasi wisata unik di Bandung yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Letaknya berada di Jalan Padasuka 118, Bandung, Jawa Barat.

Tempatnya terletak tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah sekali dijangkau dari berbagai arah. Bagi Anda yang mengendarai mobil dari Jakarta bisa memilih ruas tol Cipularang.

Kemudian naik ke jembatan layang Pasopati, ikuti papan petunjuk ke arah Cicaheum. Sekitar 100 meter sebelum Terminal Cicaheum, ikuti papan petunjuk menuju Jalan Padasuka. Anda akan menemui petunjuk hingga sampai lokasi.

Tempat ini tak pernah sepi didatangi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Saung Angklung Udjo adalah satu-satunya tempat di Bandung yang menjadi pusat dari kesenian angklung yang sekaligus memproduksi angklung.

Di sini pengunjung akan disuguhi atraksi seni musik angklung, wayang golek, hingga tari topeng. Beragamnya pilihan atraksi yang tersedia membuat tempat ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata edukasi dan hiburan bersama anak dan keluarga.

2. Rumah Stroberi

Berkunjung ke kota Bandung, tidak lengkap bila belum sempat memetik buah strawberry.  Meski cukup banyak pilihan tempat untuk melakukan wisata petik buah strawberry, namun Rumah Stroberi menawarkan hal yang berbeda. Tempat wisata ini berada di Jalan Cigugur Girang No. 145, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, dengan jam buka kebun setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.

Rumah Stroberi menawarkan pengalaman sekaligus sensasi tersendiri bagi para pengunjung untuk memetik buah strawberry langsung dari kebunnya. Suasananya sangat santai karena areanya dikelilingi oleh rerumputan, pemandangan sawah serta pepohonan.

Destinasi ini juga menyediakan tempat makan dan penginapan. Bagi Anda yang membawa si kecil, tersedia juga taman bermain adan area outbond seperti flying fox hingga jembatan tali, sehingga sang buah hati tidak merasa bosan.

3. De Ranch Lembang

Lembang adalah salah satu kawasan wisata populer yang wajib Anda kunjungi setiap liburan ke Bandung. Kondisi alam Lembang sangat cocok bagi Anda dan keluarga yang ingin melepas penat dari hingar bingar kota metropolitan.

Dari sekian banyak tempat wisata di Lembang, De Ranch adalah salah satu tempat wisata yang ramah keluarga. Letaknya berada di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini mengusung tema Western atau Cowboy.

Di sini para pengunjung bisa bermain atau menunggang kuda keliling area, berfoto dengan kostum koboi, naik delman, bermain di area bermain atau outbond, hingga mencoba wahana permainan air seperti Fun Boat, balon air atau memancing.

Fasilitas umum di De Ranch bisa dikatakan sudah lengkap. Mulai dari area parkir yang cukup luas, toilet, dan tempat istirahat. Harga tiket masuk De Ranch Lembang juga masih terbilang murah dan terjangkau, yaitu Rp 15.000, sudah termasuk penukaran satu minuman susu murni. Untuk menggunakan setiap wahana permainan, pengunjung harus beli tiket tersendiri.

4. Gracia Hot Spring

Udara Bandung yang sejuk dan cenderung dingin membuat wisata pemandian air panas begitu sangat populer untuk dinikmati bersama keluarga. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda dan keluarga menikmati wisata ini untuk mengisi liburan akhir tahun ini.

Salah satu tempat pemandian air panas yang terkenal di Bandung adalah Gracia Hot Spring. Lokasinya terletak di Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater, Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sumber air panas yang ada di Gracia Hot Spring berasal dari Gunung Tangkuban Perahu dengan kandungan sulfur yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan. Tempat ini menyediakan tiga kolam pemandian air panas utama untuk orang dewasa dan satu kolam untuk anak-anak.

Di tepi kolam air panas, terdapat deretan kursi berpayung untuk bersantai setelah berendam. Fasilitas lain yang ditawarkan meliputi ruang mandi, kantin hingga ruang spa. Bagi pengunjung yang ingin menginap, tersedia juga resort yang nyaman.

Untuk tiket masuk, pengunjung harus membayar Rp60.000 pada hari biasa atau Rp75.000 pada akhir pekan.

5. Bird & Bromelia Pavilion

Tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk melihat Taman Burung, karena sekarang Bandung juga punya destinasi serupa. Namanya Taman Burung Bird & Bromelia Pavilion, yang berlokasi di Jalan Akaza Utama No. 9 (Dago Giri) Komplek Pramestha Resort Town, Desa Mekar Wangi Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan sekitar 600 jenis burung, yang kemudian dikelompokan ke dalam lima zona, yaitu Zona Burung Parkit, Zona Burung dari keluarga Paruh Bengkok, Zona Burung Nuri, Zona Burung Darat, Zona Unggas Air serta Zona Burung Kicau.

Tak hanya burung, tempat ini juga menghadirkan hewan seperti kelinci, angsa, burung merak, ayam kalkun dan ikan. Di lokasi ini pengunjung juga disuguhi taman-taman dengan jenis tanaman yang beraneka ragam dan restoran.

Berbagai pilihan tempat wisata di atas dapat dikunjungi dengan mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Bagi para traveller yang ingin liburan hemat, moda transportasi sewa mobil bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan perjalanan liburan akhir tahun bersama keluarga.

Untuk mendukung fleksibilitas Anda saat liburan, Traveloka kini menyediakan layanan sewa mobil lepas kunci (tanpa supir) dan dengan supir.

Anda dapat menemukan berbagai pilihan mobil terbaik, lengkap dengan tarif mobil yang dibutuhkan hanya dengan mengaksesnya melalui Traveloka App.

Serunya lagi, sewa mobil di Traveloka bisa semakin hemat dengan potongan harga khusus yang bisa Anda cek promonya di aplikasi Traveloka, serta program tukar poin dengan minimum 500 poin untuk penukaran rental mobil.

Kapan lagi bisa liburan akhir tahun bersama keluarga dengan harga sehemat ini? Jangan lupa cari tahu cara penukaran poin Traveloka Anda disini ya!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Traveloka

Editor : Media Digital
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top