Kedai Kopi ala Anak Kos si Juki

Karakter fiksi Si Juki, karya komikus Faza Ibnu Ubaydillah Salman yang populer dikenal masyarakat dalam bentuk komik, permainan, dan animasi meluncurkan bentuk dan tema terbarunya.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Oktober 2019  |  14:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Karakter fiksi Si Juki, karya komikus Faza Ibnu Ubaydillah Salman yang populer dikenal masyarakat dalam bentuk komik, permainan, dan animasi meluncurkan bentuk dan tema terbarunya.

Jika, sebelumnya Intellectual Property (IP) dengan ciri khas anak kos ini selalu hadir dengan kolaborasi dalam dunia fiksi komik maupun animasi, kali ini Si Juki hadir dalam bentuk kafe tematik bekerjasama dengan Cozyfield atau COFI.

COFI merupakan lini bisnis baru dari Group of Retail & Publishing (GoRP) Kompas Gramedia di bidang kuliner yang membidik segmen anak muda hingga dewasa.

Pertama kali dibuka di Gramedia World Palembang pada 27 Oktber 2017 dan hingga kini Cofi sudah bisa dijumlai di Gramedia Matraman, Gramedia World Karawang, Gramedia World Palembang, dan Gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat.

Manajer Cofi Linda Kristinawati mengatakan bahwa hadirnya kolaborasi tersebut berlandaskan pada persaingan bisnis di kedai kopi sangat ketat.

“Kami harus bisa memberikan hal yang berbeda dan baru. Kami membuat kafe tematik selama 3 bulan ke depan dengan tema Cofi x Si Juki,” jelasnya kepada media di Konferensi pers, Gramedia Matraman, Kamis, (24/10/2019).

Kafe tematik Cofi x Si Juki akan membuka 3 gerai mereka yaitu di Cofi Matraman, Cofi Karawang, dan Cofi Palmerah Barat.

Ketiga kafe tersebyt akan dihias dengan dekorasi unik ala karakter Si Juki. Tidak terbatas pada dekorasi saja melainkan juga mengahadirkan menu dan merchandise khusus yang hanya didapatkan selama tema berlangsung.

Beberapa menu yang sesuai ala anak kos dihadirkan lewat menu paket seperti Menu Dompet Tipis dan Dompet Tebal serta dengan kopi andalannya yaitu Kopi Kaung Berani Kenyang dengan kisaran harga Rp25.000—Rp50.000.

Komikus Si Juki yang akrab disapa Faza Meonk mengatakan bahwa di dunia ini, sudah banyak cafe yang berkolaborasi dengan karakter fiksi atau IP. Seperti Cafe One Piece di Jepang.

“Ada banyak kedai yang kolaborasi dengan karakter IP. Dari sanalah saya mendapat inspirasi untuk melakukan hal serupa di Indonesia melalui kolaborasi Si Juki dan Cofi yang kafe tematik berkolaborasi dengan IP di Indonesia baru pertama kali ada,” ungkapnya.

Ia mengharapkan model kerjasama kolaborasi IP dapat berkembang di gerai Food & Beverages (F&B) lainnya dan ikut mendukung pertumbuhan industri kreatif Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kafe

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top