Seafood Beserak, salah satu menu andalan Dapur Perahu di Bengkulu./Bisnis-Nurul Hidayat
Kuliner

Menyantap Seafood Beserak di Atas Selembar Kertas Minyak

Ropesta Sitorus & Rivki Maulana
Senin, 16 September 2019 - 11:48
Bagikan

Bisnis.com, BENGKULU — Boga bahari atau seafood acap kali gampang ditemui di kota pinggir pantai. Begitupun dengan Bengkulu, boga bahari menjadi hidangan yang banyak tersaji di rumah makan di sana.

Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019 menjajal sajian laut di Bengkulu, Minggu (15/9/2019). Di wilayah yang pernah dijajah Inggris ini, tim menyambangi Rumah Makan Dapur Perahu di Jalan Bencoolen, tak terpaut jauh dari Benteng Marlborough.

Pada pandangan pertama, muncul kesan restoran ini serupa dengan di Jakarta dan kota besar lainnya. Desain minimalis dan aneka furnitur kayu ditata rapi dan resik. Dapur Perahu serasa tempat makan bagi kalangan anak muda.

Tim mencicipi Seafood Beserak. Beserak berarti berhamburan atau berserakan. Kerang, udang, cumi, jagung, dan lobster dengan berat keseluruhan 2 kilogram dimasak dalam satu kuali.

Menyantap Seafood Beserak di Atas Selembar Kertas Minyak

Tim memilih hidangan yang dimasak dengan saus padang, “saus sejuta umat” bagi para penggemar boga bahari. Bahan dari fauna laut seberat 2 kilogram sekira cukup disantap oleh 4—5 orang.

Setelah matang, kerang, udang, cumi, jagung, dan lobster diserakkan pada kertas minyak di atas meja. Cara penyajian seperti ini bukan hal baru; sebuah kelaziman di kota-kota besar.

Lobster menjadi istimewa pada menu Seafood Beserak. Ukurannya sedang, tak terlampau kecil maupun terlalu besar. Tekstur yang lembut dan pedas dari padang memberi sensasi gemetar di lidah.

Menyantap Seafood Beserak di Atas Selembar Kertas Minyak

Untuk menikmati Seafood Beserak, tim merogoh kocek dua lembar merah rupiah (Rp200.000). Bila disantap empat orang, patungan selembar biru rupiah (lima puluh ribu rupiah) cukup untuk menebus Seafood Beserak.

Selain menu boga bahari, Dapur Perahu juga menjajakan menu kopi dengan beragam cara penyeduhan. Dapur Perahu buka Selasa hingga Minggu, tutup setiap Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro