Refundable VS Non-refundable Tiket, Mana yang Lebih Baik?

Padatnya aktivitas bisnis sering kali membuat Anda harus melakukan penerbangan dengan jadwal yang berurutan.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 30 Agustus 2019  |  13:59 WIB
Refundable VS Non-refundable Tiket, Mana yang Lebih Baik?
Harga tiket pesawat dengan pilihan refundable dan non/refundable tentu berbeda cukup signifikan. Mana yang lebih baik?

Bisnis.com, JAKARTA -- Padatnya aktivitas bisnis sering kali membuat Anda harus melakukan penerbangan dengan jadwal yang berurutan.

Tidak jarang Anda terpaksa melewatkan waktu keberangkatan tertentu ketika urusan bisnis masih belum dapat terselesaikan. Kondisi ini mungkin cukup merugikan, terlebih bagi pihak perusahaan.

Tiket pesawat dapat hangus begitu saja tanpa bisa mendapat pengembalian dana. Beruntung saat ini beberapa maskapai penerbangan sudah menyiapkan pilihan tiket refundable dan non-refundable.

Lantas, mana yang lebih baik di antara keduanya?

Pahami dulu kebijakan setiap maskapai

Refund atau prosedur pembatalan penerbangan tidak dapat dilakukan dengan sesuka hati. Setiap maskapai penerbangan tentu memiliki aturan dan kebijakan masing-masing.

Terlebih tidak semua jenis tiket pesawat bisa diajukan refund. Tiket pesawat refundable dan non-refundable tentu dapat diketahui sejak awal pemesanan dilakukan.

Harga yang tertera biasanya mencantumkan apakah tiket tersebut menyediakan fasilitas pembatalan atau tidak.

Sebagai informasi tambahan, beberapa kelas penerbangan pada maskapai domestik juga tidak menyediakan tiket refundable.

Misalnya, tiket untuk pesawat dengan kelas promo di Lion Air, Batik Air, dan Wings Air tidak dapat dibatalkan. Kondisi ini juga berlaku pada penerbangan kelas ekonomi di maskapai Sriwijaya Air.

Sementara maskapai AirAsia bahkan hanya menyediakan tiket non-refundable untuk semua kelas penerbangan yang disediakan.

Ketahui waktu pengajuan refund terbaik

Meski beberapa maskapai dan kelas penerbangan menyediakan fasilitas pembatalan atau refund, bukan berarti dana yang telah Anda bayarkan dapat kembali 100%. Kecuali apabila pembatalan penerbangan dilakukan oleh pihak maskapai tersebut.

Besaran jumlah pengembalian dana dari refundable tiket sendiri cukup bervariasi. Jumlahnya akan disesuaikan dengan waktu pengajuan refund itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa jika Anda melakukan pembatalan kurang dari empat jam sebelum keberangkatan, maka potongan biaya refund adalah sebesar 90% dari harga tiket.

Kondisi ini tidak jauh berbeda ketika Anda membatalkan penerbangan 24-12 jam sebelum keberangkatan. Besarnya potongan biaya refund adalah 70% dari harga tiket.

Namun demikian, jika pengajuan pembatalan penerbangan dilakukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dana yang dikembalikan masih cukup besar karena potongan biaya refund hanya sebesar 25% dari harga tiket.

Tiket non-refundable masih bisa dibatalkan, asalkan…

Tiket pesawat non-refundable masih banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena harga jual yang relatif lebih murah.

Meski diberi embel-embel “non-refundable” atau tidak dapat dibatalkan, ternyata masih bisa mendapat pengembalian dana.

Namun, berbeda dengan tiket refundable yang dapat dibatalkan secara fleksibel, batas waktu pembatalan tiket non-refundable hanya 24 jam setelah pemesanan.

Jumlah pengembalian dana juga akan bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai penerbangan.

Keseluruhan dana yang dibayarkan untuk pembelian tiket non-refundable baru dikembalikan utuh ketika terjadi kesalahan dari pihak maskapai.

Misalnya, pembatalan penerbangan, penundaan jadwal, hingga ketika maskapai mengubah jadwal penerbangan sebelum waktu keberangkatan.

Rencanakan perjalanan sejak jauh hari

Untuk bisa menentukan jenis tiket refundable atau non-refundable yang akan dibeli, sebaiknya disesuaikan dengan rencana perjalanan Anda.

Inilah alasan penting perencanaan perjalanan harus dilakukan sejak jauh hari.

Tujuan utamanya agar sebagai calon penumpang Anda dapat memilih penerbangan yang tepat.

Alokasi bujet juga akan terarah dengan baik guna meminimalisir risiko kerugian materiil.

Pastikan Anda selalu rutin memantau harga tiket pesawat di Traveloka.com karena terdapat banyak program promo menarik.

Saat ini, Traveloka juga sudah menyediakan fitur Price Alert bagi para penggunanya. Fitur ini berperan penting untuk membantu Anda mendapatkan harga tiket sesuai dengan bujet yang diinginkan.

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan batasan harga, rute penerbangan, serta jadwal keberangkatan yang diinginkan. Apabila ada penawaran yang tepat, maka Anda akan langsung memperoleh notifikasi.

Refundable dan non-refundable tiket pesawat terbang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Meski dibanderol dengan harga yang relatif mahal, jenis tiket refundable lebih bisa meminimalisir kerugian bagi calon penumpang.

Namun, apabila Anda sudah memiliki jadwal perjalanan yang terencana dengan baik, maka tiket non-refundable yang relatif lebih murah adalah pilihan yang tepat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tiket pesawat, Traveloka

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top