Pemilik Ndalem Ratu Hermin (paling kiri) pada pembukaan resto tersebut di Singosari, Kab. Malang, Minggu (25/8/2019)/ Istimewa
Kuliner

Menyicip Kuliner Khas Kerajaan Jawa

Choirul Anam
Senin, 26 Agustus 2019 - 07:07
Bagikan

Bisnis.com, MALANG—Pernahkah Anda mencicipi menu khas kerajaan Jawa, sekaligus menikmati seni, budaya, serta sejarahnya secara bersamaan?

Restoran di Malang Jawa Timur Ndalem Ratu, menawarkan layanan terintegrasi, mulai dari restoran dengan menu kuliner khas kerajaan Jawa, yakni Singosari, Majapahit, dan Kediri; galeri batik dan pusat kerajinan, serta paket wisata bersejarah.

Pemilik Ndalem Ratu  Hermin  mengatakan kehadiran resto yang dipadukan dengan galeri batik dan pusat kerjajinan serta paket wisata bersejarah itu karena didorong kecintaan dan kepeduliannya terhadap peninggalan sejarah di bumi Nusantara.

“Ketiganya bersinergi untuk mengajak generasi di masa kini kembali mengingat serta melestarikan warisan seni dan budaya bangsa yang luhur,” katanya dalam keterangan resminya, Minggu (25/8/2019).

Melalui makanan, Ndalem Ratu mencoba mengingatkan kembali sejarah kuno dengan menghadirkan menu khas dari Kerajaan Singosari, Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Kediri seperti : Nasi Pecel Kediri, Nasi Kuning Singosari, Nasi Urap, Nasi Lodeh dan masakan tradisional lainnya.

Dilengkapi juga dengan menu minuman tradisional, seperti Wedang Jahe, Jahe Kelapa, Es Jeruk, dan lainnya. Tidak ketinggalan, Ndalem Ratu Serta menghadirkan juga makanan ringan yang bertema tradisional dan beberapa menu tambahan yang cocok dinikmati bersama keluarga dan kerabat.

Menurut dia, Ndalem Ratu memiliki galeri batik yang menyediakan berbagai kebutuhan akan batik. Tersedia kain batik yang dibuatoleh perajin batik dari berbagai daerah di Indonesia, aksesori batik seperti tas, dompet, sandal, dan lainnya. Pada event khusus, tamu dapat melihat secara langsung proses pembuatan Batik dan mengikuti kelas membuat batik.

Melalui Paket Wisata Bersejarah, Ndalem Ratu mengajak untukmenelusuri kembali peninggalan sejarah di periode klasik bangsa Indonesia. “Penting bagi  kita yang hidup di masa kini mengenal dan melestarikan budaya peninggalan Kerajaan Kediri, Kerajaan Singosari dan Kerajaan Majapahit,” ucapnya.

Candi-candi dan beberapa bentuk peninggalan lain yang masih berdiri tegak adalah bagian dari kehidupan ratusan dan ribuan tahun yang lalu. Tersedia paket wisata   One Day Package dan Two Days Package yang akan mengajak para tamu melihat secara langsung peninggalan Kerajaan Singosari, Kerajaan Majapahit serta Kerajaan Kediri. Meeting point dari kota Malang menuju Singosari, Mojokerto dan Kediri.

Ndalem Ratu dibangun dengan luas tanah 415 m² dengan konsep bangunan Jawakuno. Dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Joglo di bagian depan, Pringitan di bagian tengah serta Sentong di bagian belakang yang masing-masing bagian memiliki arti dan fungsi yang khas dan berbeda.

“Suasana Jawa Kuno sangat kental terasa ketika masuk menapakkan kaki di area Joglo hingga ke Sentong. Meja makan dan kursi yang bergaya kuno, lampu, desain pintu serta jendela, lemari kayu yang berjajar membuat suasana semakin syahdu,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro