Pemandangan di Pulau Padar, Labuan Bajo, NTT./Bisnis-M. Taufikul Basari
Travel

Jalan dan Jembatan 4 Destinasi Super Prioritas Dibenahi, Berapa Anggarannya?

Rivki Maulana
Jumat, 23 Agustus 2019 - 17:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,1 triliun untuk mendukung konektivitas jalan darat di empat destinasi super prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Lombok, dan Labuan Bajo.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan anggaran digunakan untuk berbagai kegiatan peningkatan jaringan jalan, meliputi rekonstruksi jalan, pelebaran, dan rehabilitasi. Selanjutnya penataan trotoar dan drainase, pembangunan jalan baru, serta perbaikan jembatan.

Basuki menyebutkan, infrastruktur jalan yang mantap akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata dan memudahkan akses bagi wisatawan.  “Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (23/8/2019).

Melalui Ditjen Bina Marga, anggaran sebesar Rp1,1 triliun tersebar untuk kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Danau Toba sebesar Rp470,1 miliar dan Rp271,8 miliar untuk KSPN Borobudur.  Adapun alokasi untuk KSPN Mandalika Lombon dan KSPN Labuan Bajo masing-masing sebesar Rp306 miliar dan Rp66,1 miliar.

Sebagaimana diketahui, empat KSPN super prioritas merupakan bagian dari Sepuluh Bali Baru yang sedang dikembangkan oleh pemerintah guna menarik kunjungan turis asing. Sektor pariwisata diharapkan menjadi andalan baru dalam  mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Di KSPN Danau Toba, anggaran preservasi jalan cukup untuk memperbaiki jalan sepanjang 616,24 kilometer. Selain itu, Kementerian PUPR juga membangun jalan baru, yaitu jalan elak Siantar, Silangit Muara, dan Balige. Jembatan Tano Ponggol juga menjadi bagian dari lingkup peningkatan konektivitas darat di KSPN Danau Toba.

Di KSPN Borobudur, Kementerian PUPR melakukan rekonstruksi jalan sepanjang 91,7 kilometer di lintas Kebumen-Purworejo-Karangnongko. Anggaran juga mencakup preservasi jalan di dua lintas sepanjang 131,76 kilometer. 

Untuk mendukung akses ke KSPN Mandalika, Kementerian PUPR melakukan preservasi jalan di ruas Bandara Internasional Lombok (BIL)-Kuta (Mandalika) sepanjang 60,3 kilometer. Kementerian PUPR juga mengganti tiga jembatan masing-masing Jembatan Longken (100 meter), Jembatan Luk I (30 meter), dan Jembatan Sokong (120 meter).

Pada destinasi super prioritas paling Timur, Kementerian PUPR membangun jalan baru ruas Labuan Bajo-Terang-Pelabuhan Bari sepanjang 9,14 kilometer. Selain itu dilakukan preservasi jalan Labuan Bajo-Malwatar sepanjang 65,6 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Hendra Wibawa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro