Begini Peran Bartender dalam Menyajikan Draught Beer Berkualitas

selain produk yang memiliki kualitas tinggi, kualitas draught beer juga berada di tangan seorang bartender saat menyajikannya kepada konsumen.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 21 Agustus 2019  |  03:05 WIB
Begini Peran Bartender dalam Menyajikan Draught Beer Berkualitas
Heineken Holding N.V. - Ilustrasi/theheinekencompany.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Merek bir premium dunia, Heineken, kembali menggelar kompetisi Star Serve 2019 di empat kota besar di Indonesia. Kompetisi ini merupakan ajang pencarian bartender terbaik dalam menyajikan draught beer Heineken secara sempurna.

Mariska Van Drooge, Direktur Pemasaran PT Multi Bintang Indonesia Niaga mengatakan selain produk yang memiliki kualitas tinggi, kualitas draught beer juga berada di tangan seorang bartender saat menyajikannya kepada konsumen.

Hal ini tentu tidak mudah, karena diperlukan passion, keahlian, dan kualitas untuk menyajikan segelas bir yang sempurna.

"Bartender memiliki peranan penting untuk memastikan bir berkualitas terbaik sampai ke tangan konsumen sehingga perusahaan merasa perlu menggelar kompetisi ini," ujarnya, Selasa (20/8/2019).

Deden Perdana, Draught Beer Manager, PT Multi Bintang Indonesia, Tbk. mengatakan akan ada lebih dari 50 bartender dari berbagai outlet penyedia Heineken di Jakarta, yang berkompetisi mempertunjukkan keahlian mereka dalam melakukan Heineken Star Serve. Yaitu suatu standar internasional penyajian draught beer yang dikembangkan Heineken untuk menyajikan kualitas draught beer yang sempurna.

“Ada lima langkah penting yang harus dikuasai oleh setiap bartender agar dapat menyajikan draught beer yang sempurna. Yaitu Rinse, Pour, Skim, Check dan Serve,” ujarnya.

Lebih lanjut, Deden menjelaskan, Rinse adalah teknik mencuci gelas, Pour adalah teknik menuang bir dengan posisi kemiringan gelas 45 derajat, Skim teknik meratakan busa, Check adalah teknik memastikan tinggi busa dan Serve adalah teknik penyajian ke konsumen.

"Kelima langkah tersebut bertujuan untuk memastikan bartender dapat menuang setiap gelas bir dengan sempurna," ujarnya.

Kompetisi Star Serve 2019 ini telah dimulai dari sejak minggu lalu (13/08) dengan Medan sebagai kota pertama, diikuti dengan Jakarta (20/8), Surabaya (27/8) dan nantinya akan berakhir di Bali (3/9).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
heineken

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top