Ilustrasi wisata petualangan./Istimewa
Travel

IIOutfest 2019 Bakal Tampil Lebih Serius

M. Syahran W. Lubis
Jumat, 19 Juli 2019 - 07:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia International Outdoor Festival (IIOutfest) 2019, gelaran yang berkaitan dengan industri atau wisata petualangan segera digelar pada 1 hingga 4 Agustus di Jakarta.

Hajatan kali ini bukan hanya menampilkan pemain dalam negeri, tetapi juga diikuti beberapa negara yang menjadi tujuan adventure seperti Malaysia, Nepal, dan Selandia Baru.

T. J. Anggara, CEO/Founder IIOutfest, mengemukakan pada tahun keempat pelaksanaan, IIOutfest yang digelar di Wisma Aldiron tampil lebih serius dan lengkap dalam upaya mengembangkan industri petualangan.

“Kini bukan sekadar menggelar produk-produk perlengkapan dan peralatan petualangan, tetapi juga menampilkan berbagai produk jasa, kegiatan, edukasi, dan hiburan,” ungkapnya melalui siaran pers.

Dia menjelaskan aneka permainan adventure yang jumlahnya lebih dari 20 spot bisa dinikmati seluruh pengunjung, mulai dari motor adventure, panjat dinding, boulder, archery, stand up paddle, kayak, lempar pisau, lempar kapak, hingga ground handling menerbangkan gantole dan paralayang.

Tersedia pula berbagai area permainan yang dapat diikuti anak-anak dengan bimbingan orang tua. Dia menggarisbawahi bahwa seluruh permainan dilengkapi dengan sarana safety dan trainer yang memiliki sertifikasi keahlian dibidang masing masing.

Dia menambahkan panggung edukasi ajang ini akan menghadirkan berbagai tokoh dari industri adventure dengan berbagai bidang petualangan.

“Tema-tema menarik disodorkan, di antaranya safety first on adventure atau seven summit menjadi materi yang pastinya membawa seluruh pengunjung untuk memahami lebih banyak hal sebelum melakukan kegiatan adventure,” paparnya.

Selain itu, perjalanan adventure baik dalam negeri maupun lintas negara dikemas dalam berbagai tema talkshow dan sharing menarik.

“Kami selalu concern dengan edukasi. Dengan makin berkembangnya industri pertualangan, seharusnya semakin banyak pihak yang turun untuk memberikan edukasi kepada para newbie atau milenial baru yang menekuni dunia petualangan,” kata Anggara.

Konten edukasi yang lebih serius dikemas dalam aneka seminar dan workshop nasional yang akan menghadirkan pembicara baik nasional maupun international.

Para pecinta motor touring akan disuguhiworkshop motor adventure yang menghadirkan keynote di antaranya Jefri Polnaja solo rider yang mengelingi dunia dengan menggunakan motor, atau Stepen Langitan yang melakukan perjalanan solo rider dari Jakarta menuju London untuk memperkenalkan Indonesia.

“Sebagai bintang tamu kami menghadirkan Alex Cachon solo rider yang mengelilingi dunia dengan motor. Untuk pecinta fotografi alam liar kami menghadirkan  Rizal Marlon, dan beberapa tokoh nasional yang memiliki pengalaman fotografi alam liar yang akan memberikan edukasi secara pengalaman dan tehnikal,” ucap Anggara.

Dunia adventure, lanjutnya, secara industri memiliki cakupan yang besar baik dari sisi hobi, wisata, maupun bisnis. Hal yang terberat dalam pelaksanaan IIOutfest 2019 adalah mengolaborasikan seluruh stakeholder untuk bersama-sama peduli terhadap industri adventure serta mau turun memberi edukasi.

Dalam beberapa kesempatan, ungkapnya, pihaknya selalu menyampaikan bahwa IIOutfest 2019 adalah festival yang di dalamnya hadir berbagai program acara pendukung, bukan sekadar bazaar produk yang memberi diskon besar besar untuk meraih pengunjung.

“Konsep festival yang kami lakukan akan selalu berfokus kepada edukasi di bidang adventure, yang dari tahun ke tahun kami persiapkan dengan lebih serius,” kata Anggara.

Selain edukasi, lanjutnya, selama 4 tahun pelaksanaan IIOutfest, pengunjung selalu menanti even outdoor gear market yang menghadirkan aneka produk produk perlengkapan adventure baik, darat, laut, udara. Aneka produk baik lokal maupun impor dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung akan perlengkapan adventure berkualitas.

“Yang selalu menjadi pertanyaan apakah banyak diskon produk? Tahun ini kami bekerjasama dengan Bank BCA untuk memberikan aneka penawaran menarik terkait aneka produk adventure.,” ujar Anggara.

Dari sisi hiburan, hadir kuliner dan musik. Di ajang ini hadir aneka streetfood festival dengan berbagai menu menarik untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Untuk program Musik Camp, IIOutfest 2019 akan menghadirkan Danilla yang sedang hits di kalangan milenial selain itu akan hadir beberapa musisi lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro