Ragam macam Bubble Tea / Business Insider Malaysia
Kuliner

Bubble Tea, Cheese Tea dan Brown Sugar Milk Tea, Apa Bedanya?

Ria Theresia Situmorang
Jumat, 19 Juli 2019 - 13:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – ‘Kuy! Beli Chatime!’ atau 'Kuy! Beli Tiger Sugar!' mungkin kata ini sering sekali Anda dengar ketika mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan. Di zaman serba konsumerisme seperti ini, jarang sekali tampaknya melihat orang yang pergi ke pusat perbelanjaan tanpa menyeduh satu di antara tiga jenis minuman yang tengah tenar beberapa tahun terakhir antara bubble tea, cheese tea atau brown sugar boba.

Kepopuleran ketiga jenis minuman ini di Indonesia ditenggarai oleh semakin populernya outlet minuman seperti Chatime, Koi, Tiger Sugar, Xin Fu Tang, Kamu Tea, Gulu – Gulu dan lain sebagainya di berbagai pusat perbelanjaan, sampai-sampai tak jarang outletnya ramai dikunjungi calon konsumen meski bukan dalam masa promosi.

Pertanyaannya, apa perbedaan antara ketiga minuman yang sedang populer ini? Pada dasarnya ketiga jenis ini memiliki bahan dasar yang sama yakni teh dan susu, dan untuk lebih jelasnya berikut penjabarannya

Bubble Tea

Bubble Tea, Cheese Tea dan Brown Sugar Milk Tea, Apa Bedanya?

Chatime Bubble Tea / thestar

Jika Anda pernah mendengar pearl milk tea, boba milk tea, atau tapioca tea, semua dari jenis tersebut adalah nama lain dari bubble tea. Bubble tea awalnya adalah minuman teh yang ditemukan pada tahun 1980 di sebuah toko teh di Taichung, Taiwan bernama Chun Shui Tang.

Seperti namanya, komposisi bubble tea adalah teh dan susu yang dicampur dengan es. Bubble tea menjadi menarik karena efek bubble yang dihasilkan oleh butiran kecil tepung tapioka yang dibentuk seperti bola kecil.

 

Cheese Tea

Bubble Tea, Cheese Tea dan Brown Sugar Milk Tea, Apa Bedanya?

 

Tea Cheese / TheTaste.Ie

Selain bubble tea, cheese tea juga dikenal di Taiwan pada tahun 2010 pada sebuah perayaan pasar malam dan kini menjadi minuman favorit orang Indonesia. Seperti namanya, cheese tea adalah kombinasi antara keju dan teh. Jenis teh yang biasa digunakan adalah teh hijau atau teh hitam dengan atau tanpa susu dengan lapisan keju kental diatasnya dan butiran susu cokelat sebagai toppingnya.

Cara minum cheese tea cukup berbeda dari bubble tea, menggunakan sedotan untuk minum cheese tea dinilai tidak keren. Karena sebenarnya untuk menikmati kombinasi antara teh dan keju, Anda perlu memiringkan botol minum hingga 40 sampai 45 derajat dari posisi tegak badan Anda.

 

Brown Sugar Milk Tea

Bubble Tea, Cheese Tea dan Brown Sugar Milk Tea, Apa Bedanya?

Tiger Sugar Brown Sugar Milk Tea / The Straits Times

Brown Sugar Milk Tea sebenarnya adalah varian baru dari bubble tea, yang ditemukan pada akhir 2017 oleh outlet Tiger Sugar di Taichung, Taiwan. Awalnya Tiger Sugar hanya menyediakan varian Brown Sugar Fresh Milk yang merupakan kombinasi antara susu, gula merah dan boba. Namun karena permintaan konsumen, Tiger Sugar akhirnya juga menambah varian teh. 

Estetika mengonsumsi Brown Sugar Milk Tea adalah garis garis lelehan gula merah di sekitar botol minuman yang dianggap keren oleh sebagian orang. Kepopuleran Brown Sugar Milk Tea sendiri berasal dari media sosial, ketika banyak orang yang mengunggah foto minuman ini sebelum benar-benar mengonsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro