Rela Antre Satu Jam Demi Sesuap Nasi Men Weti

Bali bukan hanya menyajikan panorama alam dan laut. Sajian kulinernya sejajar dengan citranya sebagai destinasi idaman kelas dunia. Salah satu yang unik adalah Nasi Men Weti atau  yang lebih kondang dengan sebutan nasi bali.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 14 Juli 2019  |  08:44 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Bali bukan hanya menyajikan panorama alam dan laut. Sajian kulinernya sejajar dengan citranya sebagai destinasi idaman kelas dunia. Salah satu yang unik adalah Nasi Men Weti atau  yang lebih kondang dengan sebutan nasi bali.

Simak video Nasi Men Wati dari akun Youtube Mark Wiens di atas yang sudah ditonton 2,3 juta Youtuber dan menempati peringkat teratas jika dicari dengan kata kunci Nasi Bali Men Wati.

Sejatinya wisatawan cukup tertarik dengan masakan tradisional di provinsi itu, sehingga tidak jarang makanan yang biasa bagi masyarakat setempat, terkesan spesial dan menjadi daya tarik bagi pelancong.

Seperti kuliner legendaris Nasi Men Weti di Sanur, Bali. Nasi Men Weti biasa dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan nasi Bali, karena telah berdiri sejak lebih dari 50 tahun lalu dengan sajian yang beragam, sehingga sajian ini kian diburu wisatawan.

Jangan heran jika melihat antrean yang mengular saat berburu kuliner ini. Bisnis bahkan harus menunggu sekitar 1 jam untuk menikmati masakan tersebut. Pun demikian, pramusaji kerap mengingatkan waktu tunggu kepada pelanggan. Jadi Anda bisa memilih menunggu atau balik kanan.

Akan tetapi penantian panjang selalu terbayar puas. Nasi Men Weti menyuguhkan nasi ragam lauk dengan cita rasa khas Bali. Biasanya, isian pendamping nasi yang diberikan berupa telur, ayam suir, sayur-sayuran, acar, hingga sambal.

Varian sambal yang ada pada nasi ini cukup khas. Yaitu sambal tomat terasi dan sambal bawang goreng. Apalagi tambahan tauge dan timun urap yang menyempurnakan rasa. Warung yang dikelola oleh anak Men Weti yaitu I Nyoman Sukasana ini juga diburu oleh penduduk muslim termasuk saat Lebaran.

"Kalau makan di sini memang harus sabar. Kan kesabaran adalah kemenangan," katanya. Meski laris manis, Warung Nasi Men Weti hanya buka setengah hari yaitu mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WITA.

*) Artikel dimuat dalam Bisnis Indonesia Weekend edisi 14 Juli

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, kuliner

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top