Danau Maninjau di Sumatra Barat./Antara
Travel

Festival Pesona Danau Maninjau Digelar, Ini Rangkaian Kegiatannya

Newswire
Jumat, 12 Juli 2019 - 15:19
Bagikan

Bisnis.com, LUBUKBASUNG – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat, melalui Dinas Pariwisata akan menggelar festival Pesona Danau Maninjau pada 2020 sebagai ajang mempromosikan pariwisata daerah itu kepada pengunjung.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga AgamAgusnaldi di Lubukbasung, Jumat, mengatakan festival Pesona Danau Maninjau itu direncanakan pada Juli 2020 dengan lokasi alternatif di Objek Wisata Muko-muko dan Objek Wisata Linggai.

"Lokasinya belum bisa ditentukan sekarang, apabila objek wisata Linggai sudah selesai dibangun, maka kegiatan itu bisa dipusatkan di sana," katanya.

Berbagai kegiatan pada festival itu sepertiparalayang, dragon boat atau lomba perahu dayung, lomba biduk tradisional, Tour de Maninjau, lomba foto view Danau Maninjau, lomba kuliner daerah, fashion show baju tradisional dari masing-masing kecamatan di Agam.

Juga ada lomba tambua tansa skala nasional, penampilan 1001 hafiz plus silat, lomba asmaul husna tingkat pelajar dan umum, lomba qasidah rabana, lomba dai cilik tingkat Sumbar dan lainnya.

Pada acara ini masing-masing kecamatan dan nagari atau desa adat di Kecamatan Tanjungraya akanmempersiapkan sepuluh jamba (hidangan khas daerah)beserta pembawa jamba dengan pakaian seragam baju kurung basiba berwarna merah dan membuat rakik-rakik.

"Kita sedang mempersiapkan kegiatan itu, dan mengusulkan dana Rp3,5 miliar untuk kelancaran kegiatan ini pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2020," ujarnya.

Dia menambahkan festival ini dalam rangka mempromosikan priwisata di daerah itu kepada pengunjung nusantara dan mancanegara.

Diharapkan kunjungan pariwisata terus meningkat dan ekononi masyarakat sekitar objek wisata juga membaik.

Pada 2018 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 704.084 orang, pada 2017 sebanyak 653.108 orang, pada 2016 sebanyak 519.232 orang. "Setiap tahun jumlah kunjungan wisata meningkat ke daerah ini," ucapnya.

Agam memiliki destinasi wisata yang cukup banyak, masih asri dan memiliki pemandangan yang indah.

Objek wisata itu seperti Puncak Lawang, Lawang Park, Muko-muko, Museum Buya Hamka, Ambun Tanai, Pantai Pasia Tiku, Bandar Mutiara, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro