Namazu Kabayaki, Kuliner Jepang Berbahan Dasar Lele

Ichiban Sushi, rumah makan Jepang full-service dengan jumlah outlet terbesar di Indonesia, memperkenalkan menu makanan Jepang baru dan pertama di Indonesia, Namazu Kabayaki.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 09 Juli 2019  |  05:03 WIB
Namazu Kabayaki, Kuliner Jepang Berbahan Dasar Lele
Namazu Kabayaki - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Rumah makan Jepang Ichiban Sushi memperkenalkan menu makanan Jepang baru dan pertama di Indonesia, Namazu Kabayaki. 

Namazu Kabayaki merupakan hidangan berbahan ikan lele atau Namazu dengan teknik memasak kabayaki yang populer di kalangan pencinta kuliner di tanah air.

Kabayaki adalah salah satu cara memasak ikan dalam masakan Jepang. Teknik memasak ini mengolah ikan dengan membelahnya menjadi dua bagian dan membersihkan tulang-tulang dan isi perut, menusuk daging ikan dengan tusukan bambu atau besi, kemudian memanggang dan membumbui ikan untuk beberapa kali.

Teknik memasak kabayaki biasanya menggunakan belut atau ikan sidat Jepang (Unagi) sebagai bahan dasarnya. Namun, penggemar Unagi Kabayaki saat ini harus merogoh kantong cukup dalam untuk menikmatinya. 

Tingginya harga ikan sidat Jepang disebabkan oleh populasinya yang berkurang secara pesat akibat tingkat konsumsi yang tinggi dalam beberapa dekade terakhir. Pemerintah Jepang bahkan telah menetapkan ikan sidat Jepang sebagai hewan yang dilindungi.

“Namazu atau ikan lele dapat menjadi alternatif yang tepat untuk menggantikan ikan sidat sebagai bahan hidangan kabayaki. Selain dapat dibudidayakan dan harganya terjangkau, ikan lele juga memiliki tekstur dan rasa yang menyerupai daging ikan sidat dan memiliki kandungan gizi yang tinggi serta rendah kalori,” ujar Winardy Untoro, General Manager Operations Ichiban Sushi dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (8/7/2019).

Winardy menjelaskan, kehadiran Namazu Kabayaki memantapkan langkah Ichiban Sushi untuk menyediakan menu khas Jepang bagi lebih banyak orang.

Dia yakin, dengan bahan dasar ikan lele yang akrab dengan cita rasa masakan Indonesia, Ichiban Sushi melalui Namazu Kabayaki dapat menghadirkan hidangan khas Jepang yang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

Namazu Kabayaki saat ini bisa dinikmati di 103 outlet Ichiban Sushi telah tersebar di lebih dari 30 kota di seluruh Indonesia. Penggemar menu makanan khas Jepang dapat menikmati menu ini dengan harga Rp27.000 per porsi (sebelum tax dan service charge).

“Sebagai bagian dari Eatwell Culinary Indonesia, Ichiban Sushi senantiasa berusaha untuk menyajikan menu khas Jepang dengan harga terjangkau. Tidak hanya berinovasi dengan menu-menu baru, Ichiban Sushi juga ingin menjangkau lebih banyak penggemar menu khas Jepang dengan membuka outlet-outlet baru di berbagai kota di Indonesia,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kuliner

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top