Presiden Joko Widodo berpamitan kepada warga usai mengunjungi kawasan wisata Bunaken di Sulawesi Utara, Jumat (5/7/2019)./ANTARA-Puspa Perwitasari
Travel

Presiden Jokowi Ingin Pembenahan Bunaken Disegerakan

Lukas Hendra TM
Jumat, 5 Juli 2019 - 14:55
Bagikan

Bisnis.com, MANADO - Presiden Joko Widodo menginginkan pembenahan Bunaken segera dilakukan untuk mendorong pariwisata di Sulawesi Utara.

Menurut Jokowi penataan pariwisata di Bunaken perlu dilakukan secara hati-hati karena merupakan area konservasi. Meskipun, ujarnya, dari sisi pariwisata nemiliki potensi yang bagus.

"Saya kira ini potensi yang baik, tapi memang harus dirawat, dijaga, jangan sampai sampah plastik masuk ke sini. Kita lihat sekarang, dulu banyak. Sekarang sudah, karena rutin dari pemda selalu membersihkan sampah-sampah ini," katanya di Bunaken, Manado Jumat (5/7/2019).

Presiden mengungkapkan saat ini akan dibuat perencanaan terlebih dahulu. Misalnya, dengan membuat klaster-klaster untuk mengelompokkan lokasi penduduk di sebelah mana, tempat wisatanya di mana, dan area konservasi di mana.

Dengan demikian, lanjut Jokowi, batasan-batasan tersebut paling penting untuk segera direncanakan sehingga terdesain sejak awal.

"Mumpung belum ramai, kalau sudah ramai sulit kita mengendalikan. Klasternya betul-betul diatur. Tadi sudah saya perintahkan, fisiknya udah terbenahi," katanya.

Presiden menargetkan pembenahan Bunaken bisa dimulai tahun ini sehingga diharapkan dapat diselesaikan pada tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro