Jokowi Sambangi Bunaken, Gagas Klasterisasi

"Kita ingin melihat lapangan di mana ada potensi-potensi yang bagus, yang dipakai untuk pariwisata. Tapi memang ini adalah area konservasi yang juga harus hati-hati," ujar Presiden, dikutip dari keterangan resmi, Jumat (5/7/2019).
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 05 Juli 2019  |  13:39 WIB
Jokowi Sambangi Bunaken, Gagas Klasterisasi
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) ketika berlayar menuju Bunaken di Sulawesi Utara, Jumat (5/7/2019). - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo meninjau Taman Nasional Bunaken yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara.

"Kita ingin melihat lapangan di mana ada potensi-potensi yang bagus, yang dipakai untuk pariwisata. Tapi memang ini adalah area konservasi yang juga harus hati-hati," ujar Presiden, dikutip dari keterangan resmi, Jumat (5/7/2019).

Jokowi menuturkan lokasi tersebut dapat menjadi salah satu kekuatan pariwisata terbesar di Sulawesi Utara di masa mendatang.

Ke depannya, destinasi wisata bawah laut tersebut diperkirakan akan jauh lebih banyak dikunjungi wisatawan, khususnya wisatawan asing. Seiring dengan pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata Sulawesi Utara oleh pemerintah, diperlukan perencanaan yang matang untuk menata destinasi wisata ini.

"Ini mau dibuat perencanaan dulu untuk membuat klaster-klaster sehingga penduduknya di sebelah mana jelas, tempat wisata di mana jelas, area konservasinya di mana juga jelas," kata Jokowi.

Sadar akan potensi besar tersebut, pemerintah pusat langsung bergerak untuk menjadikan salah satu kawasan wisata tersebut lebih tertata dan terintegrasi.

"Saya kira ini potensi yang sangat baik, tapi memang harus dirawat dan dijaga jangan sampai sampah plastik masuk ke sini. Dulu banyak, sekarang tadi saya lihat sudah [bersih] karena rutin dari pemerintah daerah selalu membersihkan sampah-sampah lautnya," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, pembenahan dan pengembangan serupa juga akan dilakukan di destinasi wisata yang ada di provinsi lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan lebih jauh.

Dalam beberapa waktu mendatang, Presiden Jokowi berencana untuk mulai turun ke destinasi lain, salah satunya Labuan Bajo di NTT. Pemerintah pusat akan turut memberikan dukungan kepada pemerintah setempat dalam mengembangkan potensi pariwisata yang berdampak pada perekonomian daerah.

"Artinya anggaran yang kita gunakan ini harus memberikan dampak pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Kita mulai ke sana. Jadi infrastruktur itu betul-betul memberikan dampak terhadap investasi dan dampak kepada masyarakat," imbuh Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, pariwisata, bunaken

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top