Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Minuman Fermentasi, Warisan Kuliner yang Kian Diminati

Kekayaan kuliner nusantara tidak hanya terbatas pada makanan tetapi juga minuman. Salah satu minuman khas yang merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia adalah minuman fermentasi yang diciptakan oleh para leluhur bangsa
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 27 Juni 2019  |  16:51 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Kekayaan kuliner nusantara tidak hanya terbatas pada makanan tetapi juga minuman. Salah satu minuman khas yang merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia adalah minuman fermentasi yang diciptakan oleh para leluhur bangsa. 

Saat ini, perkembangan minuman fermentasi kian populer, bukan hanya dinikmati pada acara budaya dan adat istiadat, tetapi juga telah dinikmati secara modern seperti Arak Bali yang menjadi bahan campuran cocktail di ratusan hotel yang ada di Bali.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia Sidarto Danusubroto mengatakan bahwa produk minuman fermentasi nusantara ini harus dipromosikan sehingga mampu memiliki nilai jual sekaligus mendukung promosi pariwisata Indonesia.

"Kalau bisa produknya diekspor,” ujarnya, dalam rilis yang diterima Bisnis,  Rabu (26/6/219)

Senada, Mantan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Saleh Husin berharap minuman fermentasi dapat dikembangkan sebagai salah satu budaya dan ciri khas Indonesia.

"Untuk itu, diperlukan riset sehingga menghasilkan minuman yang berkualitas," ujarnya. 

Jika ditilik dari sejarahnya, minuman dan teknologi fermentasi di Indonesia berasal dari dua arah. Pertama adalah migrasi manusia purba ke Indonesia yang membawa ragi dan bibit pohon aren. Kedua berasal dari alam Indonesia yang memberi teknologi fermentasi yang khas seperti yang terjadi pada tape ketan.

Beberapa minuman fermentasi ternyata mampu bertahan dan bahkan sudah dikomersialisasikan seperti Sopi dari NTT dan Cap Tikus dari Minahasa Selatan. 

Selain dua produk tersebut, Arak juga menjadi produk resmi berkat dukungan dari pemerintah daerah Bali. 

“Kami berharap adanya dukungan pemerintah dalam membuatkan payung hukum untuk industri minuman fermentasi Indonesia. Tidak menutup kemungkinan, dengan dukungan tersebut mampu mendorong Arak Bali bisa menjadi salah satu minuman spirit terpopuler di dunia,” ujar Ketua Indonesian Food & Beverage Executive Association Bali Ketut Darmayasa. 

Di Bali sendiri, saat ini terdapat lebih dari 200 hotel dan bar sudah menggunakan Arak Bali sebagai salah satu menu minuman beralkohol atau dijadikan bahan campuran untuk membuat cocktail.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Fermentasi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top