Ilustrasi Kuliner / Pexels
Kuliner

Ini 5 Jajanan Kuliner Khas Yogyakarta yang Bisa Anda Nikmati di Malioboro

MediaDigital
Rabu, 26 Juni 2019 - 09:59
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA -- Yogyakarta tidak perlu diragukan lagi merupakan salah satu destinasi terfavorit di Indonesia. Bahkan, sebagian orang sudah hafal betul seluk-beluk Yogyakarta.

Buat mereka, eksplorasi Yogyakarta sudah tidak lagi terpusat di kota, melainkan di daerah-daerah terpencil. Pusat wisata mainstream seperti Malioboro mungkin sudah tidak menarik lagi.

Namun, masih banyak juga yang belum pernah Yogyakarta. Nah, buat Anda yang belum pernah ke Yogyakarta, tidak perlu khawatir. Kami punya rekomendasi jajanan kuliner yang bisa wajib Anda coba ketika berada di Malioboro.

1. Gudeg Mbah Lindu

Meski banyak restoran yang menyajikan makanan khas Yogyakarta ini, Anda harus mencoba gudeg yang dijual di kaki lima ini.

Penjualnya, Mbah Lindu, sudah berusia hampir seabad dan punya gaya tertawa khas. Esensi keakraban Jogja yang sejati bisa Anda rasakan saat dilayani dan berdialog ringan dengan Mbah Lindu.

Kabarnya beliau sangat senang menceritakan pengalaman hidupnya, terutama saat Jepang menjajah Indonesia. Siap-siap antre jika makan di sini karena Mbah Lindu kian populer sejak masuk dalam sebuah serial dokumenter di Netflix.

2. Artemy Italian Gelato

Selain gudeg, Yogyakarta juga terkenal dengan gelato. Ada banyak gelato Italia di seluruh Jogja, namun salah satu resto gelato yang harus Anda coba adalah Artemy.

Anda bisa bebas memilih es krim dengan pilihan 24 varian rasa. Tiap scoop-nya akan membuat pikiran Anda melayang terkenang masa kecil.

Selain menikmati es krim, Anda juga bisa puas berswafoto karena interiornya yang modern dan Instagramable.

3. Angkringan Lik Man

Bicara kuliner khas Yogyakarta, semua orang pasti tahu kopi joss. Kopi hitam yang dicelupkan arang menyala ini sudah lama jadi teman nongkrong warga dan turis Jogja sambil bercengkerama akrab hingga dini hari.

Angkringan Lik Man yang berada di dekat Malioboro adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati kopi joss.

Selain kopi, Anda juga bisa menikmati camilan dan nasi kucing yang cocok untuk sekadar mengisi perut dan tidak ingin terlalu kenyang.

4. Es Dawet Mbah Hari

Selain Mbah Lindu, penjaja makanan yang sudah sepuh dan melegenda di kawasan Malioboro adalah Mbah Hari.

Jajanan yang ditawarkannya es dawet. Mbah Hari sudah berjualan minuman legit ini sejak 1965. Uniknya, meski zaman sudah maju dan teknologi kian mempermudah hidup, Mbah Hari masih setia dengan cara tradisionalnya meracik dawet.

Tidak ada yang lebih menyegarkan di siang hari yang terik ketimbang segelas cendol, santan, gula jawa cair, nangka, dan es batu dengan cita rasa tradisional yang masih dibuat sepenuh hati oleh Mbah Hari, bukan mesin.

5. Sego Pecel Madiun Berkat

Bagi Anda yang bingung mencari sarapan saat sedang menginap di sekitar Malioboro, Anda bisa ke Mall Malioboro. Tidak perlu masuk mal, makanan yang siap memuaskan Anda berada tepat di pelataran parkir di depan mal.

Pecel Madiun Berkat akan membuat pagi Anda lebih bersemangat dengan guyuran sambal kacang di atas sayuran rebus, dipadu menu tambahan seperti tempe, telur ceplok dan dadar, serta rempeyek.

Porsinya yang tidak terlalu besar juga tidak akan membuat perut Anda begah. Namun, jangan datang terlalu siang jika ingin menikmati pecel legendaris ini karena lapak gerobaknya hanya buka dari pukul 06.00-09.00.

Tidak sabar ingin mencicipi salah satu kuliner Yogyakarta yang menggugah selera di atas? Pesan langsung tiket Jogja-Jakarta atau sebaliknya di Traveloka.

Ingin sekali liburan, tetapi bujet Anda terbatas? Tenang saja, di aplikasi dan situs Traveloka Anda bisa mengaktifkan fitur Price Alerts.

Cukup masukkan bujet yang ingin Anda keluarkan dan nantinya Anda bisa memantau harga dan akan langsung dapat notifikasi saat ada tiket dengan harga sesuai kemampuan Anda tadi. Selalu ada cara untuk pergi liburan dengan murah, bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami