Jabar Luncurkan 262 Agenda Festival 2019

Ratusan agenda mulai dari budaya hingga kuliner ini diharapkan bisa mendongkrak angka kunjungan wisatawan sekaligus memberikan efek ekonomi bagi warga di 27 kabupaten/kota.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 25 Juni 2019  |  16:49 WIB
Jabar Luncurkan 262 Agenda Festival 2019
Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Kadisparbud Jabar Dedi Taufik dan stakeholder industri pariwisata Jawa Barat saat meluncurkan 262 agenda festival Jabar, Selasa (25/6/2019). - Bisnis/Wisnu Wage Pamungkas

Bisnis.com, BANDUNG—Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat meluncurkan 262 agenda festival yang akan digelar sepanjang 2019.

Acara peluncuran tersebut dipimpin Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Kadisparbud Jabar Dedi Taufik beserta seluruh stakeholder industri pariwisata Jawa Barat di Trans Luxury Hotel, Bandung, Selasa (25/6/2019).

Ridwan Kamil mengatakan ratusan agenda mulai dari budaya hingga kuliner ini diharapkan bisa mendongkrak angka kunjungan wisatawan sekaligus memberikan efek ekonomi bagi warga di 27 kabupaten/kota.

“Festival itu ribuan, tapi dikurasi oleh kami mana yang skalanya profesional melibatkan masyarakatnya juga baik, punya dampak ekonomi yang baik, tanggapannya juga citra positif itu akhirnya diseleksi jatuhlah di sekitar 262,” kata Ridwan.

Menurut Ridwan Kamil 262 agenda ini dianggap mampu melibatkan masyarakat juga berdampak ekonomi sehingga ditetapkan. Penetapan agenda jni diyakini makin memantapkan posisi Jawa Barat sebagai destinasi utama wisatawan asing dan Nusantara.

“Dua ratus enam puluh dua itu tiap dua hari minimal ada satu atau dua festival. Menandakan produktivitas, karena festival itu kan hiburan ya. Sehingga orang ingin menampilkan sisi budaya sisi kreativitasnya,” ujar Ridwan Kamil.

Kadisparbud Jabar Dedi Taufik mengatakan setidaknya ada 400 agenda festival di Jabar yang kemudian dikurasi menjadi 262 acara. Agenda ini akan mulai berlangsung akhir Juni hingga akhir tahun mendatang.

Ke-262 agenda ini terdiri dari 85 festival budaya, 23 festival kuliner, 24 agenda olahraga, festival religi sebanyak 6 agenda, 113 event seni dan sisanya 11 event lain. “Target kami bisa meraih kunjungan 1,8 juta wisatawan asing dan 48 juta wisatawan Nusantara di 2019,” kata Dedi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata, jabar

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top