5 Pilihan Tempat Wisata Keren di Sulawesi Selatan

Sulawesi jadi salah satu pulau di Indonesia dengan ‘magnet’ wisatawan yang kuat. Terlebih lagi dengan Sulawesi Selatan yang juga menawarkan berbagai macam destinasi wisata.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 25 Juni 2019  |  13:57 WIB
5 Pilihan Tempat Wisata Keren di Sulawesi Selatan
Masjid Terapung Amirul Mukminin, Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (17/6/2015). - Antara/Sahrul Manda Tikupadang

Bisnis.com, MAKASSAR -- Sulawesi jadi salah satu pulau di Indonesia dengan ‘magnet’ wisatawan yang kuat. Terlebih lagi dengan Sulawesi Selatan yang juga menawarkan berbagai macam destinasi wisata. Tempat-tempat elok tersebut jadi alasan kuat untuk berkunjung ke provinsi yang punya ibu kota Makassar tersebut.

Tunggu dulu, tempat-tempat wisata yang ada di Sulawesi Selatan bukan hanya ada di Makassar. Ada kota-kota lain yang juga punya keindahan yang tidak bisa dikalahkan oleh kota lain di Indonesia. Berikut daftar tempat wisata di Sulawesi Selatan yang cocok untuk dijadikan destinasi liburan selanjutnya.

1. Celebes Canyon

Wisata pertama ini berlokasi di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Keindahan yang bisa ditemukan di sana adalah sungai jernih yang mengalir di antara bebatuan cadas. Wisatawan yang datang diperkenankan untuk bermain air di sana sambil menikmati sejuknya udara di antara pepohonan.

Terdapat juga goa-goa kecil yang di atasnya mengalir dari tempat yang lebih tinggi. Spot tersebut jadi salah satu yang paling diburu oleh wisatawan yang ingin mengisi feed di media sosial. Satu hal yang ditekankan oleh warga Desa Libureng untuk wisatawan yang datang ke tempat ini adalah membawa semua sampah saat pulang.

2. Taman Prasejarah Leang Leang

Sulawesi Selatan juga menawarkan tempat wisata yang menyimpan sejarah budaya peradaban manusia purba. Anda bisa menemukan goa dan batu besar di Taman Prasejarah Leang Leang.

Wisatawan pun diperbolehkan masuk ke dalam goa-goa di sana untuk melihat langsung peninggalan dari manusia zaman dahulu. Terdapat lukisan tangan yang usinya sudah ribuan tahun.

Dari lukisan-lukisan tersebut juga, para wisatawan bisa tahu aktivitas yang dilakukan oleh manusia purba kala itu. Mereka berburu babi rusa untuk santapan bersama kelompoknya. Selain itu, ada ritual potong jari untuk menghormati para tetua yang meninggal.

3. Pantai Losari

Belum ke Sulawesi Selatan kalau belum berfoto di Pantai Losari. Tempat wisata ini jadi destinasi yang paling umum untuk wisatawan yang datang ke Makasassar.

Tempatnya ada di bagian barat kota Makassar dan bisa ditempuh dengan mudai menggunakan mobil. Pantai ini merupakan tempat terbaik untuk melihat matahari tenggelam (sunset).

Tempat keren lainnya yang ditawarkan di Pantai Losari adalah Masjid Amirul Mukminin yang terapung di atas laut.

Coba datang ke Pantai Losari pada malam hari dan nikmati cahaya lampu dari segala penjuru. Jika memang datang ke sana, jangan lupa juga cicipi segala macam kuliner khas Makassar yang dijajakan di sekitar pantai.

4. Kete Kesu

Kampung Adat Kete Kesu jadi tempat populer di Indonesia dan banyak disarankan oleh para travel blogger.

Bukan tanpa alasan, tempat ini menawarkan pemandangan indah dari deretan tongkonan dan lumbung, bangunan khas daerah tersebut. Di dalamnya, terdapat koleksi benda kuno Toraja, seperti ukiran, senjata, keramik, dan benda lainnya.

Warga kampung di sana pun masih mempertahankan adat dengan melakukan ritual pada waktu-waktu tertentu. Salah satu yang paling menarik wisatawan adalah makam adat. Di tempat itu, para wisatawan bisa melihat jenazah yang sudah berusia ratusan tahun.

5. Tongkonan Lempe, Lolai

Jauh dari ibu kota, Anda bisa mendatangi Tongkonan Lempe, Lolai, daratan tinggi yang terdapat di Desa Benteng Mamulu, Toraja Utara.

Dengan tinggi 1.300 mdpl, para wisatawan bisa melihat pemandangan awan tebal dari atas sana. Tidak heran kalau banyak orang yang menamai tempat ini sebagai “Negeri di Atas Awan”.

Di tempat ini, para wisatawan bisa mengambil foto di spot menarik yang sudah dihias dengan sangat cantik. Tidak perlu khawatir kelaparan, destinasi wisata Tongkonan Lempe, Lolai, juga menyediakan berbagai makanan yang bisa dibeli. Namun, pastikan untuk menggunakan pakaian yang tebal saat pergi ke sana karena udaranya cukup dingin.

Sudah berencana untuk terbang ke Sulawesi Selatan dan berkunjung ke tempat-tempat tersebut? Atur dulu fitur Traveloka Price Alerts dari aplikasi Anda dan dapatkan tiket pesawat promo untuk penerbangan ke Sulawesi Selatan. Hal yang perlu dilakukan hanya mengisi rincian waktu terbang, jumlah transit, dan kelas penerbangan yang diinginkan.

Pemilihan tanggal dalam fitur Traveloka Price Alert juga bisa diatur hingga rentang 30 hari ke depan. Saat ada penerbangan dengan tiket yang sesuai budget, Anda akan langsung mendapatkan notifikasi langsung ke kotak masuk. Traveloka juga didukung oleh banyak maskapai untuk penerbangan domestik. Jadi, kapan mau rencanakan liburan ke Sulawesi Selatan?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
destinasi wisata, Traveloka

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top