Kamu Harus Tahu, Bandung Ternyata Punya 5 Surga Tersembunyi!

Sebagai sebuah destinasi wisata, Bandung merupakan kota yang lengkap. Kota yang dijuluki Paris van Java ini menawarkan beragam pilihan wisata, mulai dari wisata kuliner hingga wisata alamnya.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 25 Juni 2019  |  06:20 WIB
Kamu Harus Tahu, Bandung Ternyata Punya 5 Surga Tersembunyi!
Image: shutterstock

Bisnis.com, BANDUNG -- Sebagai sebuah destinasi wisata, Bandung merupakan kota yang lengkap. Kota yang dijuluki Paris van Java ini menawarkan beragam pilihan wisata, mulai dari wisata kuliner hingga wisata alamnya.

Tak heran jika bagi masyarakat Ibu Kota, Bandung kerap kali diandalkan sebagai alternatif tempat liburan hemat ketika akhir pekan tiba. Selain itu, jarak tempuhnya yang relatif singkat, menjadikan Bandung sangat fleksibel dan mudah dituju dengan berbagai jenis transportasi, termasuk dengan bus dan travel.

Bagi Anda yang berencana mengunjungi Bandung dalam waktu dekat, cobalah untuk berlibur ke beberapa tempat berikut ini. Kabarnya, tempat-tempat wisata ini adalah surga tersembunyi kota Bandung yang belum diketahui banyak orang, sehingga cocok untuk para traveller yang ingin mencari ketenangan dari hingar-bingar metropolitan.

1. Sanghyang Heuleut

Destinasi pertama ini terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat, tepatnya berada di Stone Garden Padalarang. Dari penelusuran geografis yang telah dilakukan, Sanghyang Heuleut dianggap sebagai kolam yang sudah ada sejak zaman prasejarah.

Surga tersembunyi satu ini menyuguhkan pemandangan alam super eksotis yang bisa menghipnotis siapa pun yang melihatnya. Sanghyang Heuleut sendiri merupakan danau mungil berair sangat jernih yang diapit oleh tebing bebatuan alami yang indah.

Tempat tersebut memiliki legenda yang terkenal di lingkungan masyarakat sekitarnya. Kabarnya, dahulu kala Sanghyang Heuleut menjadi tempat Dayang Sumbi mencuci pakaian serta mandi.

Bahkan, danau ini menjadi tempat para bidadari membersihkan diri pada waktu itu. Jika melihat keindahan tempat ini, terlepas benar atau tidaknya legenda tersebut, siapa pun pasti betah berlama-lama berada di Sanghyang Heuleut.

Selain bisa dituju dengan kendaraan pribadi, para traveller juga bisa menggunakan moda transportasi bus atau travel untuk mencapai tempat ini. Disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada musim kemarau karena air danaunya akan terlihat begitu cantik dan jernih.

2. Perkebunan Teh Cukul

Bagi para traveller yang merindukan pemandangan hijau dengan udara sejuk, destinasi satu ini tentu tidak boleh dilewatkan saat liburan di Bandung. Perkebunan Teh Cukul ini terletak di wilayah Malabar, Pangalengan, Bandung. Butuh waktu sekitar 3 jam dari pusat Kota Bandung untuk mencapai perkebunan ini.

Perkebunan Teh Cukul ini merupakan salah satu kebun teh PTPN VIII area Malabar di ketinggian sekitar 1600 mdpl. Tak heran jika para pengunjung dapat menikmati pemandangan perkebunan teh yang hijau membentang luas disertai hawa dingin yang menyejukkan. Karena letaknya yang berada di ketinggian, destinasi wisata itu  juga kerap kali dijadikan spot sunrise bagi para penggemar fotografi.

Tidak hanya bisa menikmati hamparan hijau daun teh, para pengunjung juga dapat menemukan sebuah telaga yang amat tenang berada Situ Cukul di kawasan ini. Daya tarik lainnya yang bisa dijadikan tempat berfoto ria adalah sebuah vila bergaya Eropa yang berada di tengah-tengah perkebunan teh.

Selanjutnya, jika Anda bisa menyusuri pematang di antara semak-semak pohon teh, Anda akan sampai ke puncak bukit, di mana keindahan dan ketenangan yang sesungguhnya bisa dinikmati.

3. Curug Tilu Leuwi Opat

Apa jadinya jika beberapa buah air terjun, sungai dan gua berada di satu area seluas 5 hektar? Itulah keindahan yang akan para pengunjung dapatkan ketika berada di Curug Tilu Leuwi Opat, yang terletak di Desa Ciwangun, Parongpong, Bandung Barat.

Curug Tilu Leuwi Opat ini menyajikan pesona aliran air terjun dan sungai serta hijaunya pepohonan sekitar. Total ada 4 air terjun, 4 sungai, dan 2 goa yang semuanya menawarkan keindahan alam bebas yang luar biasa.

Tak hanya itu, kawasan ini juga memiliki Ciwangun Indah Camp yang menawarkan pilihan wisata lain bagi Anda yang menyukai aktivitas ekstrem seperti high rope, water outbond, camping, panjat tebing, paintball, flying fox, dan body rafting.

4. Curug Citambur

Surga tersembunyi selanjutnya ini terletak di perbatasan Ciwidey, Bandung Selatan. Dinamai Citambur karena air yang turun dari atas tebing mengeluarkan suara yang mirip dengan alat musik tambur yang dimainkan dengan cara dipukul.

Curug Citambur memiliki debit air yang deras dan termasuk air terjun tertinggi di Bandung. Selama berada di area air terjun ini, para pengunjung bisa puas menikmati aliran air yang indah dengan warna hijau tumbuhan rambat yang ada di sisi tebing.

Waktu terbaik untuk melihat keindahan alam di tempat ini adalah saat musim penghujan. Karena debit air yang deras dan pemandangan alam yang hijau akan semakin menarik untuk dilihat.

Berbeda dengan wisata air terjun kebanyakan, para pengunjung tidak disarankan untuk mandi atau main air di bawah air terjun ini. Alasannya, selain karena debit air yang deras, juga karena air terjun ini dikelilingi oleh tebing yang curam dan cukup berbahaya.

5. Goa Pawon

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah dan alam sekaligus, Goa Pawon adalah pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi saat berlibur ke Bandung. Lokasinya berada di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Dari pusat kota Bandung menuju gua ini memakan waktu tempuh 1- 2 jam dengan jarak 25 kilometer ke arah barat.

Goa ini merupakan sebuah situs bersejarah tempat ditemukannya berbagai macam peninggalan kehidupan prasejarah. Di dalam goa ini, arkeolog telah menemukan manusia Bandung purba paling tua berusia 9.500 tahun yang dikubur meringkuk dan artefak-artefak peralatan kuno yang berhasil mengungkap kebudayaan mereka.

Di kawasan ini, Anda juga masih bisa menikmati kehidupan monyet liar dan kelelawar. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah pada musim kemarau saat cuaca sedang cerah.

Jika Anda melanjutkan perjalanan beberapa langkah lagi ke arah puncak gunung, maka Anda akan menemukan Stone Garden (Taman Batu), sebuah cagar geowisata bertabur batu karang seperti yang biasa terdapat di pesisir pantai.

Berbagai pilihan tempat wisata di atas dapat dikunjungi dengan mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Bagi para traveller yang ingin liburan hemat, moda transportasi bus dan travel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan perjalanan liburan.

Traveloka kini menawarkan kepraktisan dalam memesan tiket bus dan travel hanya dengan moto 3P yaitu Pilih bus/travel sesuai kebutuhan, Pesan tiket bus/travel yang diinginkan, lalu Pergi dengan nyaman dan tenang karena semuanya beres dalam sekejap.

Ada berbagai partner bus dan travel favorit yang bisa dipilih untuk membuat perjalanan liburan Anda ke Bandung menjadi lebih menyenangkan dan mudah. Anda bisa book travel shuttle di link ini. Selamat liburan!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandung, Traveloka

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top