Rendang/Antara
Kuliner

KJRI Marseille Gelar Bazar Promosikan Kuliner dan Budaya Indonesia

Akhirul Anwar
Minggu, 23 Juni 2019 - 08:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Marseille sukses menggelar kegiatan bazar yang bertemakan “Specialite Culinaire, Produits Artisanaux et Animations” pada Sabtu (22/6/2019).

Dikutip dari siaran pers KJRI Marseille Minggu (23/6/2019), kegiatan itu merupakan bagian dari promosi secara langsung kekayaan kuliner, produk kerajinan, dan budaya Indonesia kepada masyarakat Prancis Selatan.

Selain untuk menjalin tali silaturahmi di antara masyarakat Indonesia yang bermukim di wilayah Prancis Selatan, kegiatan ini juga ditujukan guna membantu menjaring lebih banyak masyarakat Prancis selatan agar lebih mengenal Indonesia. 

Pengunjung dalam kegiatan tersebut membeludak ramai, dengan total pengunjung sekitar 300 orang yang sebagian besar adalah masyarakat asing.

Respon dari para pengunjung maupun peserta terhadap bazar tersebut cukup baik, meriah dan kreatif, dan produk-produk kerajinan dan masakan yang dipromosikan pun juga cukup menarik.

Guna memeriahkan acara, KJRI Marseille juga membagikan doorprize berupa voucher-voucher hotel di berbagai kota di Indonesia bagi pengunjung berkewarganegaraan asing yang beruntung.

Voucher-voucher tersebut diberikan atas kontribusi dari Accor Hotels Group. Diharapkan voucher-voucher ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan dari Prancis Selatan ke Indonesia.

Masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Prancis selatan, seperti Toulouse (sekitar 400 km), Toulon (sekitar 60 km dari Marseille), dan Montpelier (sekitar 170 km dari Marseille) turut berpartisipasi dalam mengisi 20 stand pada bazar untuk mempromosikan  produk-produk Indonesia, antara lain produk kerajinan, perhiasan, kain dan tas batik, pernak-pernik, cendera mata, dan makanan khas Indonesia.

Pada stand kuliner, berbagai jenis makanan dan minuman khas Indonesia yang ditampilkan, antara lain lemper, plencing kangkung, rendang, lontong sayur, rujak, sate ayam dan kambing, pempek, gado-gado, bakwan malang, dadar gulung, bakso, es teler, dawet ayu, dan lain sebagainya. Selain itu, juga ditampilkan produk-produk makanan dalam kemasan, seperti bumbu jadi, makanan kering, kerupuk, kecap, sambal botol, dan mie instan.

Demo-demo masak juga ditampikan untuk memeriahkan acara, seperti demo masak nasi goreng, gado-gado, dan minuman jamu.

Salah satu stand yang paling menarik perhatian pengunjung adalah stand kerajinan, yang menampilkan kerajinan seni dari berbagai kota di Indonesia, seperti Bali, Yogyakarta, Jawa Barat, dll.

Selain itu, turut ditampilkan juga pertunjukan gamelan bali yang dimainkan oleh group musik Gamelan Bintang Tiga serta pertunjukan lagu tradisional Indonesia yang dibawakan oleh masyarakat Indonesia yang bermukim di Montpellier untuk semakin memeriahkan acara.

Pihak KJRI Marseille memperoleh apresiasi yang positif dari pejabat Kantor Walikota Marseille dan para Konjen asing lainnya. Hal ini terbukti juga dengan para pengunjung yang bertahan hingga acara selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Akhirul Anwar
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro