Ini Dia Lima Pantai Populer di Natuna

Pantai Kencana merupakan pantai terdekat dengan Bandara Ranai yang hanya berjarak sekira 1,5 km.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 17 Juni 2019  |  17:22 WIB
Ini Dia Lima Pantai Populer di Natuna
Taman Batu Alif - Bisnis

Bisnis.com, MEDAN – Tak banyak yang tahu bahwa ada salah satu kepulauan terluar bernama Natuna di Kepulauan Riau dan ternyata memiliki beberapa pantai indah. Berikut lima pantai populer di Natuna.

  1. Pantai Kencana

Berada di Ranai, Ibu Kota Kabupaten Natuna, Pantai Kencana merupakan pantai terdekat dengan Bandara Ranai yang hanya berjarak sekira 1,5 km. Kendati lokasinya dekat dengan pusat kegiatan, dari pantai ini pengunjung bisa melihat kapal-kapal nelayan atau pompong sekaligus menggunakan sarana olahraga umum dan sarana bermain bagi anak-anak.  

  1. Pantai Taman Batu Alif

Tak jauh dari Pantai Kencana, terdapat Pantai Batu Alif yang menawarkan pantai dengan batu granit besar. Adapun, nama tempat ini diambil dari salah satu batu yang berbentuk lurus dan tegak seperti huruf alif dalam bahasa Arab.

Untuk mengunjungi Alif Stone Park, pengunjung harus membayar Rp10.000 perorang. Dari pintu masuk, pengunjung akan masuk ke lorong dari batu granit sebelum akhirnya sampai di pinggir pantai. Melalui jembatan kayu, pengunjung bisa mendekat dan naik ke atas batu-batu dan menikmati pemandangan pantai sambil membelakangi Gunung Ranai.

  1. Pantai Jelita Sejuba

Tak berbeda dengan Pantai Taman Batu Alif, Pantai Jelita Sejuba berlokasi di Jalan Raya Sepempang yang juga telah dikelola sebagai destinasi wisata. Nama tempat ini ternyata diambil dari film yang dirilis pada 2018.

Tempat ini dibangun untuk kebutuhan film dan kemudian dibuka secara komersil sebagai tempat wisata. Pantai ini pun memiliki batu-batu granit besar dan airnya yang jernih. Di pantai ini, telah dilengkapi dengan arena bermain, restoran hingga lokasi khusus untuk berfoto.

  1. Pantai Pulau Akar

Di sisi selatan, di Desa Cemaga, mengarah ke Pelabuhan Selat Lampa terdapat Pantai Pulau Akar. Selain bermain di bibir pantai, pengunjung bisa melewati jembatan kayu dengan panjang sekira 300 meter ke Pulau Akar. Pulau Akar yang dimaksud merupakan pulau kecil, tertutup pepohonan kerdil dan bebatuan sebagai alasnya. Pantai ini menghadap ke Laut China Selatan dan menampilkan gradasi warna biru kehijauan.    

  1. Pantai Batu Kasah

Di sekitar Pantai Pulau Akar, terdapat pula Pantai Batu Kasah.  Pantai ini juga memiliki batu-batu granit besar namun garis pantainya cukup panjang sehingga pengunjung bisa bermain di sisi lain batu tersebut. Pada musim liburan pantai ini ramai dikunjungi. Untuk menikmati pantai, pengunjung hanya perlu membayar parkir. Sementara itu, terdapat pula saung yang bisa disewa seharga sekira Rp20.000 per 2 jam.

Salah seorang pengunjung, Eva Jeny Herawati, 45 tahun mengatakan pantai ini kerap menjadi pilihan masyarakat setempat karena airnya yang jernih dan lokasinya yang memungkinkan untuk berpiknik.  "Ramai di sini kalau liburan. Pantainya jernih, ombaknya kecil dan bisa sambil piknik," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata, natuna

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top