Pulau Pelangi, Kepulauan Seribu/Pemprov DKI
Travel

Kepulauan Seribu Diserbu Pengunjung, KSOP Siapkan Garansi Keselamatan

Rinaldi Mohammad Azka
Sabtu, 8 Juni 2019 - 14:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kunjungan wisatawan maupun penumpang menuju Kepulauan Seribu masih tinggi,KSOP Kepulauan Seribu jamin keselamatan dengan memaksimalkan seluruh armada dan personil.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu, Herbert Marpaung mengatakan bahwa pada Sabtu (8/6/2019), jumlah pergerakan penumpang dengan tujuan Kepulauan Seribu di pelabuhan Kali Adem terpantau masih cukup tinggi.

Berdasarkan catatannya, jumlah pengunjung yang datang masih berada di Kepulauan Seribu pada hari Jumat (7/6) mencapai kurang lebih 11.000 orang yang berasal dari Pelabuhan Kali Adem, Marina Ancol, Sunda Kelapa, Tanjung Pasir, Rawa Saban dan Kronjo.

"Dari data yang ada perhari ini ada 22 Kapal yang mengangkut 4.382 orang dari Pelabuhan Kali Adem menuju Kepulauan Seribu," ujarnya, Sabtu (8/6/2019).

Berdasarkan data tersebut, dia memprediksi puncak arus balik dari Kepulauan Seribu adalah tanggal 8 dan 9 Juni 2019 dengan perkiraan arus balik penumpang paling tinggi dari Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Kelapa.

Dia menyiapkan strategi peningkatan keselamatan dan pengamanan, KSOP Kepulauan Seribu telah melakukan optimalisasi penguatan personil di Pulau-Pulau di Kepulauan Seribu.

"Total personil KSOP Kepulauan Seribu yang terlibat adalah 61 orang, yang tersebar di Pulau-Pulau, di kapal-kapal patroli dan di command center kantor KSOP Kepulauan Seribu di Kalijapat Jakarta Utara," jelasnya.

Selain itu, KSOP Kepulauan Seribu juga meningkatkan frekuensi patroli Kapal KNP. 355 dan KN.S. 054 serta KN.V017 yang disiagakan di Pulau Untung Jawa.

Dia telah mengoptimalisasikan penataan embarkasi dan debarkasi serta ruang tunggu penumpang di pulau-pulau dengan menyesuaikan kondisi setempat.

"Optimalisasi koordinasi dengan berbagai instansi terkait, operator kapal dan unsur masyarakat baik di Pulau-Pulau maupun pelabuhan-pelabuhan asal untuk meningkatkan keselamatan pelayaran," katanya.

Adapun koordinasi dengan operator-operator kapal guna menambah frekuensi pergerakan kapal dan himbauan keselamatan pelayaran bagi para penumpang atau wisatawan.

Adapun dalam pengamanan atau patroli di perairan, KSOP Kepulauan Seribu dibantu oleh armada Pangkalan KPLP Tanjung Priok yaitu kapal patroli KNP.348 dan RIB Bansar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro