Gurihnya Srundeng di Depot Nasi Krawu Bu Timan

Kudapan nasi krawu terdiri atas nasi yang pulen dan lauk berupa suwiran dan semur daging sapi dan kikil, disajikan diatas daun pisang.
Nasi Krawu di Depot Nasi Krawu Bu Timan. - Bisnis/Tim Jelajah Jawa/Bali

Bisnis.com, GRESIK — Berkendara dari Surabaya ke arah Gresik lewat jalur luar tol,  Anda akan melintasi Depot Nasi Krawu Bu Timan,  salah satu tempat makan terkenal di Gresik.  Sesuai namanya, menu unggulan di rumah makan ini adalah nasi krawu, masakan khas Gresik.  

Kudapan ini terdiri atas nasi yang pulen dan lauk berupa suwiran dan semur daging sapi dan kikil, disajikan diatas daun pisang. Pedas khas sambal terasi dan gurihnya srundeng menjadi pelengkap. Uniknya, srundeng disajikan berwarna kekuningan dan kemerahan, meski  sama-sama gurih.  

Saat Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019 singgah di tempat ini untuk makan siang, Jumat (7/6/2019) suasana ramai pengunjung.  

Muin Fatkul,  pengunjung asal Demak mengatakan,  dia sering mampir ke depot ini jika sedang bepergian ke Surabaya.  Pada musim mudik dan Lebaran ini,  dia membawa serta keluarga dan memesan nasi krawu favoritnya.  

"Kalau kebetulan ada acara di Surabaya, saya selalu datang kesini," katanya.  

Selain nasi krawu, depot Bu Timan juga menyajikan menu khas Jawa Timur lain seperti soto madura, nasi bali bandeng, nasi kari ayam kampung, dan nasi bali tahu tempe. Selain itu, pengunjung juga dapat menambah lauk-pauk seperti sum-sum,  otak,  empal,  lidah,  paru, babat dan ati.  

Nasi krawu Bu Timan buka 24 jam dan siap memanjakan lidah para penggemar kuliner khas Gresik ini.  

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kuliner, Mudik Lebaran

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top