Pemandangan di Jatim Park 1 sebagai salah satu destinasi di Kota Batu./ Tim Jelajah Jawa Bali 2019
Travel

Museum Angkut Magnet Wisatawan Asing di Jatim Park

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Jumat, 7 Juni 2019 - 18:52
Bagikan

Bisnis.com, BATU — Pelaku pariwisata di Batu mengakui masih memerlukan usaha keras untuk menarik kunjungan wisatawan asing ke destinasi tersebut.

Saat ini, Batu dominan dikunjungi oleh wistawan domestik. Pantauan Tim Jelajah Jawa Bali 2019, mayoritas wisatawan yang berpelesir berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Hal itu terlihat dari pelat nomor kendaraan yang hilir mudik di Kota Batu. 

Hal senada juga diakui Marketing & Public Relation Jawa Timur Park Group Titik Ariyanto yang mengatakan bahwa pada 2018 lalu, hanya ada 10.000 wisatawan mancanegara yang mengunjungi 12 theme park milik group. Dari total destinasi, Museum Angkut menjadi destinasi yang paling digemari wisatawan mancanegara. 

Museum Angkut berdiri di atas lahan seluas 3,8 hektare dan menjadi museum transportasi terbesar pertama di Asia. Di dalam museum terdapat lebih dari 450 koleksi kendaraan dari seluruh dunia mulai dari yang tradisional hingga modern yang terbagi 13 zona. 

Setiap zona menampilkan tema dan keunikan yang berbeda-beda. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi menerbangkan pesawat Boeing 737-200 melalui simulasi penerbangan.

"Jadi saya harus kerja keras lagi untuk bisa menarik wisatawan mancanagara karena mereka lebih suka museum angkut," katanya kepada Tim Jelajah Jawa Bali 2019, Jumat (7/6/2019).

Padahal Jatim Park Group memiliki banyak destinasi selain Museum Angkut. Secara total Jatim Park Group memiliki 8 theme parks, 4 museum, kebun binatang, hotel dan apartemen. 

Sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisman, pada pertengahan tahun ini ada tiga wahana baru yang akan dihadirkan Jatim Park 1 yakni komidi putar, Indonesia Heritage Museum, dan Ande Ande Lumut Show. 

Dia mengakui bahwa Jatim Park 1 memang lebih berfokus untuk menghadirkan wahana bertema budaya Indonesia agar bisa menarik kunjungan wisatawan luar negeri. 

"Jadi kalau mau tahu adat budaya Indonesia tinggal datang ke Jatim Park," katanya 

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro