Pengunjung memilih buah durian. /JIBI-Abdullah Azzam
Travel

LIBUR LEBARAN : Pemudik Serbu Pedagang Durian di Pesisir Selatan

Fatkhul Maskur
Jumat, 7 Juni 2019 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, PAINAN - Para pemudik ramai menyerbu lokasi pedagang buah durian di beberapa sudut kota di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Pada hari ini durian dagangan saya hanya bertahan satu jam sudah ludes diserbu pembeli yang rata-rata warga yang mudik Lebaran di daerah ini," kata Rusli (40) seorang pedagang di Pasar Kambang, Lengayang, Jumat (7/5/2019).

Para pembeli buah durian yang rata-rata perantau itu tidak hanya membeli satu atau dua buah saja namun dalam jumlah banyak. "Tadi ada yang membeli lima sampai sepuluh buah, sehingga dagangan saya cepat habis," ujar Rusli.

Pedagang durian lainnya juga mengungkapkan hal serupa yakni hanya dalam hitungan jam dagangannya sudah habis.

Sementara itu seorang calon pembeli buah durian, Jamalus (55) mengaku tidak lagi kebagian membeli buah durian karena kehabisan stok, padahal ia sudah datang jauh-jauh dari Surantih, Kecamatan Sutera.

"Di Pasar Surantih sejak pukul 09.00 WIB sudah tidak ada lagi yang berjualan buah durian makanya saya ke Pasar Kambang ternyata situasinya sama," ucapnya.

Pria yang sehari-harinya berprofesi sebagai pedagang pakaian di Jakarta mengaku sangat senang tahun ini merayakan lebaran di kampung halaman karena bertepatan dengan musimnya buah yang juga dijuluki si raja buah itu.

"Kemarin saya juga berburu buah durian, alhamdulillah dapat namun hari ini kurang beruntung," katanya lagi.

Ia menyebut buah durian di kampung halamannya memiliki rasa yang khas dan lebih nikmat dibanding durian di ibu kota negara, hal tersebut menurutnya karena durian di kampung matang di pohon setelah itu langsung dijual dalam keadaan segar.

Biasanya pada hari biasa selain libur lebaran, Kecamatan Sutera dan Lengayang merupakan kecamatan yang paling banyak memproduksi buah durian dibanding 13 kecamatan lain di kabupaten setempat.

Varietas buah durian di daerah itu diantaranya durian "kunik", durian "kambuik", durian "jantuang", durian "taruang", durian "manggi" dan lainnya.

Durian "kambuik" memiliki buah yang besar serta daging buah yang tebal, sementara durian "kunik" daging buah berwarna kekuning-kuningan.

Masing-masing varietas memiliki cita rasa yang berbeda-beda, biasanya pembeli akan membeli durian sesuai dengan cita rasanya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro