Pengunjung menyaksikan pertunjukan perdana video mapping di Tugu Monas, Jakarta, Senin (13/8). Pertunjukan berdurasi 15 menit itu dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-73 RI dan Asian Games 2018./Antara
Travel

Lebaran Kedua, Pengunjung Monas Capai 38.000 Orang

Newswire
Jumat, 7 Juni 2019 - 06:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah pengunjung kawasan wisata Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, semakin malam semakin ramai pada hari kedua libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Kamis.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monas, Munjirin, kepada Antara di Jakarta, Kamis, mengatakan jumlah wisatawan sudah bertambah 38.073 orang menjadi 62.684 wisatawan pada Kamis malam. Adapun pada Kamis siang pukul 14.00 WIB, jumlah pengunjung Monas tercatat baru mencapai 24.611 orang.

"Di antara puluhan ribu orang yang datang, yang masuk ke Tugu Monas sebanyak 13.046 orang hingga pukul 19.00 WIB malam ini," kata Munjirin.

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan, parkiran mobil dan motor Pintu IRTI Monas sudah dipenuhi kendaraan pengunjung.

Sebagian masyarakat juga datang menggunakan bus TransJakarta sehingga membuat kawasan halte Transjakarta di Jalan Medan Merdeka Barat dan alur pedestrian yang menghubungkan halte ke akses masuk Monas disesaki pengunjung.

Munjirin mengatakan sebagian besar pengunjung berdatangan pada malam hari ini karena ingin menyaksikan pertunjukan "Air Mancur Menari" yang ditampilkan pada dua sesi yakni 20.00 WIB dan 21.00 WIB.

"Kita akan gelar 'Air Mancur Menari'. Kawasan wisata Monas akan kita buka hingga pukul 22.00 WIB," ujar dia.

Pada Kamis ini, Monas pertama kalinya dibuka untuk perayaan Libur Lebaran, setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup Monas dan kawasan wisata lainnya di Ibu Kota pada hari pertama Lebaran.

Pemprov DKI Jakarta menutup Monas pada Rabu (5/6), hari pertama Libur Lebaran untuk memberikan kesempatan kepada pegawai UPT Monas merayakan Hari Lebaran

Salah satu pengunjung Monas, Fredi Aritonang, mengharapkan pertunjukan di kawasan Monas dapat lebih menarik dibandingkan pada 2018.

Fredi, yang membawa kedua anaknya, mengaku rela berdesakan naik TransJakarta dari rumahnya di Kalideres, Tangerang untuk menyaksikan pertunjukan yang menurutnya murah-meriah di kawasan Monas.

Namun, Fredi mengeluhkan jarak dari halte TransJakarta ke pintu masuk yang begitu jauh. Seharusnya, kata dia, pengelola kawasan Monas dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerja sama agar alat transportasi umum seperti TransJakarta dapat mengantarkan pengunjung hingga pintu masuk Monas.

"Kalau seperti ini, saya harus jalan menggendong dua anak saya ke pintu masuk. Jaraknya sekitar satu kilometer, terus jalan lagi dari pintu masuk ke Tugu Monas, kan melelahkan," ujarnya yang hendak memasuki pintu Monas di persimpangan Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Pengunjung lainnya, Yanuar Riski, mengapresiasi kebersihan dan fasilitas umum seperti WC yang jauh lebih baik dibanding 2018. Menurutnya, jarang terdapat sampah di dalam kawasan Monas seperti yang dia lihat pada tahun lalu.

"Sayangnya, ini baru buka saja, padahal saya sudah datang dari Depok pada Rabu siang kemarin. Ternyata tutup, tapi kurang diinformasikan," ujarnya.

Adapun mulai Kamis ini, dan seterusnya kawasan wisata dan tugu Monas akan dibuka mulai pukul 07.30 hingga 22.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro