Kuliner

JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019 - Siap-siap Ketagihan Nasi Bali Bandeng Bu Timan

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Jumat, 7 Juni 2019 - 17:43
Bagikan

Bisnis.com, GRESIK - Tak jauh dari Pintu Tol Kebomas,  Kabupaten Gresik, Jawa Timur,  berkerumun orang-orang untuk singgah mengisi perut.  Pusat kerumunan itu berada di Depot Nasi Krawu Bu Timan,  salah satu tujuan wisata kuliner kesohor di Gresik. 

Selain nasi krawu yang legendaris,  pengunjung juga dapat mencicipi menu khas lain. Nasi bali bandeng, misalnya.  Bali bandeng adalah nama masakan berupa ikan bandeng goreng yang diolah dengan rempah komplit beserta cabai merah yang melimpah.

Di Depot Nasi Krawu Bu Timan,  menu nasi bali bandeng disajikan dengan srundeng,  atau kelapa parut kering yang disangrai.  Uniknya,  srundeng di tempat ini berwarna kekuningan dan kemerahan,  meski sama-sama gurih dan melengkapi legitnya ikan bandeng goreng.  Ada pula sambel terasi yang makin menjadikan kuliner ini sedap disantap.

Satu paket nasi bali bandeng disajikan di atas piring yang dialasi daun pisang, menambah aroma pada cita rasa kuliner ini.  Selain itu,  pengunjung juga dapat menambah lauk-pauk seperti  sum-sum,  otak,  empal,  lidah,  paru,  babat dan hati. 

Saat Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019 menyusuri arus balik mudik di Jalur Pantura,  Jumat (7/6/2019), kondisi depot dalam keadaan ramai.

Nasi Bali Bandeng Bu Timan
Nasi Bali Bandeng Bu Timan

Menu lain yang bisa dipilih yakni soto madura,  nasi rawon dan nasi ayam kampung.  Depot ini juga menyediakan oleh-oleh otak-otak bandeng. 

Jika Anda melintasi Gresik dalam perjalanan balik mudik,  Depot Nasi Krawu Bu Timan bisa menjadi pilihan singgah. Jangan khawatir, depot ini buka 24 jam.  Tersedia fasilitas toilet dan mushola di bagian belakang restoran.

(Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro