Menikmati Perjalanan Arus Balik dengan Bujet yang Kian Tipis

Untuk menghadapi arus balik tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Bagaimana menyiasati supaya tunjangan hari raya (THR) yang mulai menipis tidak mengurangi kenyaman dan keamanan Anda selama dalam perjalanan?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 06 Juni 2019  |  18:18 WIB
Menikmati Perjalanan Arus Balik dengan Bujet yang Kian Tipis
Sejumlah kendaraan mobil pemudik arus balik melintasi jalur tol fungsional Solo-Salatiga di Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (20/6). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Liburan Idulfitri sebentar lagi usai. Bagi Anda yang menghabiskan libur Lebaran di kampung halaman, itu artinya waktu untuk kembali ke rumah sudah semakin dekat.

Untuk menghadapi arus balik tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Bagaimana menyiasati supaya tunjangan hari raya (THR) yang mulai menipis tidak mengurangi kenyaman dan keamanan Anda selama dalam perjalanan?

Bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan arus balik Trans-Jawa, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat perjalanan pulang bersama keluarga tetap menyenangkan meski bujet terbatas.

Wisata kuliner

Saat Anda melakukan perjalanan arus mudik, tentu Anda masih dalam kondisi berpuasa sehingga tidak bisa banyak berhenti dan leluasa untuk menikmati kuliner yang ada. Kini, ketika arus balik mudik, saatnya Anda dan keluarga mencicipi berbagai kuliner khas yang ada di jalur mudik.

Jangan lupa unduh panduan Peta Kuliner Trans-Jawa yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Anda bisa mendapatkan referensi makanan yang bisa Anda coba dan pas di kantong.

Kunjungi objek wisata terdekat

Jangan khawatir dengan bujet yang terbatas, Anda masih bisa mengunjungi beberapa objek wisata terdekat yang dilalui jalur Trans-Jawa. Masih banyak objek wisata tradisional tersebar di wilayah jalur Trans-Jawa mulai dari wisata alam, religi, hingga museum yang seru dan tetap ramah di kantong.

Di timur pulau Jawa, Anda bisa coba untuk wisata unik bernama Wisata Petik Kurma di Kabupaten Pasuruan hanya dengan merogoh kocek Rp5.000 Anda bisa melihat langsung ratusan pohon kurma yang bisa berbuah di Indonesia.

Selanjutnya destinasi sejarah di Surabaya yang dapat Anda kunjungi yaitu Tugu Pahlawan dan Monumen 10 November, yang merekam kisah bersejarah perjuangan warga Surabaya berperang melawan pasukan sekutu dan Belanda. Beranjak ke Nganjuk, Anda bisa berkunjung ke Air Terjun Sedudo di kecamatan Kertosono yang menawarkan keindahan panorama alam dan sejuknya guyuran air di wilayah pegunungan.

Beralih ke tengah wilayah Jawa, Anda bisa mengunjungi Museum Kereta Api di Ambarawa jika anda ingin mengetahui sejarah perkeretaapian di Jawa, disini Anda juga bisa menikmati rasanya naik lokomotif uap.

Menuju barat pulau Jawa, Anda bisa mengunjungi beberapa pantai indah di Batang seperti Pantai Sigandu, Pantai Jodo, Pantai Ujung Negoro, dan lainnya. Bergeser ke Tegal, Anda juga dapat mencoba objek wisata alam seperti pemandian air panas di Desa Guci.

Staycation di kota Anda singgah

Terlalu lelah menyetir dalam perjalanan dapat meningkatkan potensi kecelakaan di jalan. Setelah mencicipi kuliner khas dan mengunjungi objek wisata, tidak ada salahnya jika Anda bermalam di kota dimana Anda singgah sembari melepas lelah. Berkat kehadiran teknologi, kini Anda hanya membutuhkan smartphone untuk memesan akomodasi terdekat dengan kualitas yang baik dan harga yang nyaman di kantong.

Jika bosan dalam kendaraan, cobalah permainan sederhana ini

Ada beberapa permainan sederhana yang bisa Anda lakukan, terutama jika Anda membawa anak kecil dan keluarga. Permainan “ABC 5 dasar” misalanya, di mana Anda mencari benda-benda yang berawalan sesuai alphabet adalah salah satu contoh yang populer. Contoh permainan lain adalah permainan tebak plat nomor, dimana Anda harus menebak singkatan dari plat nomor kendaraan-kendaraan yang anda lewati. Sebagai contoh, RAP adalah singkatan dari “Rindu aku padamu”, and DAL bisa menjadi “Duh Aku Laper”.

Tak kalah penting, setelah melakukan perjalanan mudik yang panjang, tentu kendaraan Anda perlu penyegaran kembali untuk mempersiapkan perjalanan kembali ke perantauan. Jangan lupa mengecek kembali oli mesin, tekanan angin dan kualitas ketebalan ban, serta semua lampu-lampu kendaraan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Arus Balik

Editor : Nurbaiti
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top