Wisata Kota Tua, Jakarta./JIBI-Veronika Yasinta
Travel

Lebaran Hari Kedua, Kota Tua Dikunjungi 50.000 Wisatawan

Newswire
Kamis, 6 Juni 2019 - 13:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kota Tua Jakarta Barat, masih menjadi daya tarik bagi warga Jakarta dan sekitarnya dalam memanfaatkan liburan Lebaran.

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua, Norviadi Setio Husodo mengatakan jumlah pengunjung kawasan wisata Kota Tua di Jakarta Barat pada hari kedua perayaan Idul Fitri 1440 H sudah mencapai lebih dari 50.000 orang

"Pada hari kedua Lebaran ini ada peningkatan pengunjung yang signifikan. Kemarin pada tanggal 5 Juni, hari pertama Lebaran, pengunjung sudah mencapai 30.000 lebih dan sekarang ini bisa mencapai 50.000 orang lebih," ujar Norviadi di Jakarta, Kamis (6/6/2019).

Dia menjelaskan bahwa pada hari pertama Lebaran 2019, yakni pada Rabu (5/6), museum-museum di kawasan Kota Tua masih tutup sehingga para pengunjung hanya dapat berkunjung dan beraktivitas di kawasan taman Kota Tua.

"Kalau tanggal 5 Juni hari pertama Lebaran, museum-museum tutup, hanya kawasan tamannya yang dibuka. Mereka berkunjung di sana tanpa masuk ke museum," katanya.

Namun, pada hari kedua Lebaran, semua museum di kawasan wisata Kota Tua dibuka, dan bahkan jam buka diperpanjang hingga pukul 20.00 malam (WIB).

"Hari kedua Lebaran berbagai museum di Kawasan Wisata Kota Tua sudah dibuka dan jam buka diperpanjang mulai pukul 08.00 pagi hingga 20.00 malam dibandingkan sebelumnya hanya sampai pukul 17.00 sore," ungkap Norviadi.

Perpanjangan waktu buka museum-museum di kawasan Kota Tua itu berdasarkan peraturan baru Gubernur DKI Jakarta dan diberlakukan mulai tanggal 6 Juni 2019 hingga seterusnya.

Adapun, museum yang dapat dikunjungi di kawasan Kota Tua, yaitu Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, dan yang terbaru Museum Magic Art 3D.

Salah seorang pengunjung bernama Bunga Rosdiana (17) mengaku memilih berwisata ke Kota Tua pada libur Lebaran karena tempatnya yang luas dan banyak kegiatan yang dapat dilakukan.

"Saya sudah masuk ke Museum Sejarah Jakarta dan isinya bagus, ada sejarah Jakarta sejak zaman Belanda," ucap Bunga yang belum lama ini lulus dari sekolah menengah atas (SMA).

Bunga mengaku senang dengan wisata museum di Kota Tua karena menarik dan harganya terjangkau. "Karcisnya murah, saya masuk Museum Sejarah Jakarta cuma bayar Rp5.000. Selain itu, di sini banyak tempat untuk selfie (berswafoto)," ujarnya.

Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan pada musim libur Lebaran, pihak UPK Kota Tua telah mengerahkan secara penuh sumber daya yang ada untuk menjaga keamanan, kebersihan, dan ketersediaan listrik di kawasan wisata tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro