Wisatawan menanti Matahari terbit di Bukit Bubung Gede, Kintamani, Bangli sambil menikmati secangkir kopi. / Tim Jelajah Jawa Bali 2019
Travel

Jelajah Jawa–Bali 2019: Kopi Kintamani, Cita Rasa Khas dari Bangli

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Rabu, 5 Juni 2019 - 14:18
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR — Kawasan Kintamani di Kabupaten Bangli memiliki kopi yang berpotensi untuk terus dikembangkan. Salah satu area yang potensial untuk ditanami kopi di antaranya adalah Trunyan bagian atas.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Bidang Pendidikan, Pelatihan, dan Sertifikasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bangli Putu Ayu Astiti Saraswati kepada Bisnis, Selasa (5/6/2019) malam. Dia menjelaskan, kualitas kopi Kintamani telah diakui oleh mancanegara.

Meskipun begitu, menurut Ayu, masih terdapat area yang potensial untuk ditanami kopi. Saat ini, produksi kopi berasal dari beberapa desa di Kintamani yang menjadi pusat kopi, di antaranya adalah Desa Catur dan Ulian.

"Di Desa Trunyan misalnya, belum terlalu dikembangkan [penanaman] kopi, [karena] produsen dan konsumen belum bertemu. Minat masyarakat terhadap kopi tinggi, produsen [kopi] yang menjaga rasa harus diperhatikan," ujar Ayu kepada Bisnis, Selasa (5/6/2019) malam.

Dia yang mengelola resor di sekitar Danau Batur menjelaskan, permintaan kopi dari wisatawan cukup prospektif sehingga menjadi peluang bagi produsen kopi. Selain wisatawan mancanegara, menurut Ayu, wisatawan domestik pun menggemari kopi Kintamani.

"Bagi wisatawan mancanegara, minum kopi menjadi budaya, pemilik kedai kopi pun berusaha menjual [kepada wisatawan mancanegara dengan menyajikan kopi berkualitas]. Pengunjung [dalam negeri] pun edukasinya mengenai kopi meningkat," ujar Ayu.

Dia menjelaskan, terdapat rencana untuk mengembangkan wisata agribisnis kopi di bagian atas Desa Trunyan. Kawasan tersebut, menurut Ayu, diproyeksikan seluas 3 hektare dan akan rampung tahun depan.

Wisata kopi menjadi salah satu favorit pelancong saat mengunjungi Kintamani, selain pendakian ke Gunung Batur. Selain kopi Kintamani, Bali memiliki kopi-kopi lainnya yang digemari khalayak ramai, seperti kopi Bali Pupuan.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro