Ilustrasi - Ketupat (Tipat) Rumput Laut Bali/Bisnis-Tim Jelajah Jawa Bali 2019
Kuliner

KULINER : Lebaran Bersama Tipat Rumput Laut di Pulau Dewata

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Rabu, 5 Juni 2019 - 22:05
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR — Lebaran tanpa ketupat mungkin bagaikan sayur tanpa garam. Jika tidak menemukan ketupat di Bali, suasana lebaran dapat tetap 'hidup' dengan menikmati tipat.

Dapat dikatakan bahwa tipat merupakan Bahasa Bali dari ketupat. Meskipun begitu, tipat memiliki berbagai varian yang berbeda dengan ketupat sayur untuk lebaran.

Tim Jelajah Lebaran Jawa–Bali 2019 merayakan lebaran pada Rabu (5/6/2019) di Denpasar, Bali. Untuk mengobati kerinduan pada ketupat, kami pun mencoba tipat di daerah Renon, Denpasar.

Tipat sendiri sama-sama berasal dari beras dan dimasak dalam daun janur. Bedanya, tipat memiliki ragam bumbu, kuah, dan lauk yang berbeda dari ketupat.

Salah satu menu yang kami coba adalah tipat plecing, tipat yang dilengkapi dengan rumput laut, kelapa parut, juga kacang. Gurihnya tipat plecing muncul dari racikan bumbu lengkuas, jeruk limau, tomat, dan cabe, lalu disiram kuah ikan pindang.

Dengan bumbu yang 'menggoyang' mulut, tipat plecing cocok menjadi santapan saat merayakan lebaran, terlebih bersama keluarga. Selain itu, tipat plecing pun disajikan dengan sambal yang 'membakar' mulut.

Oleh karena itu, minuman dingin sangat nikmat untuk mendampingi ketupat khas Pulau Dewata tersebut. Tipat dapat dengan mudah ditemukan di berbagai wilayah di Bali. Jika anda berada di Bali dan ingin mengobati rindu pada ketupat, tipat jadi pilihan tepat.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019: Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro