Tipat Kuah Ayam Betutu/Bisnis-Wibi Pratama
Kuliner

JELAJAH LEBARAN JAWA BALI 2019: Tipat Kuah Ayam Betutu, Pengganti 'Opor Ayam' Saat Lebaran ke Pulau Bali

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Rabu, 5 Juni 2019 - 20:28
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR — Lebaran selalu identik dengan ketupat sayur, opor ayam, dan sambal goreng. Adakah menu makanan lain yang sanggup menggantikannya?

Bisa jadi. Contohnya, apabila Anda kebetulan sedang berada di Pulau Bali ketika Hari Raya Idulfitri, tetapi rindu akan sensasi ketiga masakan tersebut, maka Tipat Kuah Ayam Betutu bisa menjadi jawabannya.

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali Bisnis Indonesia berkesempatan mencicipi masakan khas Pulau Dewata ini di bilangan Renon, Denpasar, Bali, Rabu (5/6/2019).

Secara tampilan, Tipat Kuah Ayam Betutu ini sekilas mirip-mirip opor ayam dari warna dan adanya potongan ketupat. Tetapi, apabila memperhatikan lebih jauh, perbedaannya sungguh nyata.

Pertama, tentu saja dari ayam betutu dan bumbu khas Bali yang kaya akan rempah-rempah. Ditambah lauk lain macam telur, sambal matah dengan banyak bawang merah, serta potongan kulit ayam goreng kering.

Selain itu, salah satu peracik bumbu di restoran ini yang akrab disapa Incih, menjelaskan kepada Bisnis bahwa sayur batok kelapa bumbu bali bersama taoge, buncis, dan kacang, merupakan rahasia kenapa makanan ini terasa gurih walaupun tanpa santan seperti opor.

Anda bisa menikmati kombinasi khas rasa pedas, gurih, dan menghangatkan dalam satu suapan dengan harga di kisaran Rp23.000 hingga Rp50.000.

Pada akhirnya, Tipat Kuah Ayam Betutu ini bukan hanya sanggup menjadi obat rindu terhadap opor ayam biasa, tetapi justru sanggup memberi warna lain di lidah kita, ketika berlebaran di Pulau Dewata.

Tim Jelajah Jawa Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Maftuh Ihsan
Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro