Sambut Keluarga, Menu Lebaran Ini Bisa Jadi Sajian Utama

Beberapa menu cukup biasa dibuat di rumah-rumah sebagai sajian utama saat menerima tamu.
Sambut Keluarga, Menu Lebaran Ini Bisa Jadi Sajian Utama
Ketupat - Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR — Momen lebaran merupakan momen yang paling ditunggu setelah satu bulan penuh berpuasa. Di balik itu, beberapa kuliner khas Idulfitri juga bermunculan sebagai pelengkap perayaan tersebut.

Sejatinya tiap daerah memiliki ragam kuliner khas. Mulai dari makanan pembuka, pelengkap sampai penutup. Beberapa menu cukup biasa dibuat di rumah-rumah sebagai sajian utama saat menerima tamu.

1. Ketupat

Ketupat menjadi primadona selama Lebaran. Makanan ini berbahan dasar nasi atau ketan, dibungkus menggunakan anyaman daun kelapa berbentuk persegi empat.

Di masyarakat Jawa dan Sunda, ketupat sering disebut dengan Kupat yang memiliki makna mengakui kesalahan. Ketupat juga paling mudah dicari selama Idulfitri.

2. Lontong Sayur

Lontong sayur sejatinya mudah ditemukan di Jakarta di hari biasa. Kendati demikian makanan ini masih menjadi andalan saat Lebaran.

Lontong Sayur merupakan perpaduan berbagai lauk mulai dari lontong, kuah santan, rendang, sambal kacang hingga kerupuk.

“Untuk lontong, pakai sayur pepaya agak lebih mudah. Itu lebih enak dari yang sayur labu,” katanya Chef The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Dena Lesmana, Rabu (5/6/2019).

3. Rendang

Meski berasal dari Sumatra Utara, Rendang tetap menjadi bagian penting dari perayaan Lebaran. Daging sapi yang digunakan biasa masih muda sehingga membuat daging lebih empuk.

Rendang tidak hanya menggunakan bahan sapi. Sebagian masyarakat juga menggunakan ayam maupun kambing sebagai bahan utama membuat rendang.

Makanan kaya rempah ini juga sering menjadi pendamping bagi lontong sayur.

4. Es Buah

Bukan hanya soal makanan, minuman khas Lebaran juga ada. Salah satunya adalah Es Buah.

Menu ini dibuat dari berbagai buah seperti pepaya, bengkuang, nanas, hingga melon. Pilihan buah biasa disesuaikan dengan keinginan keluarga.

Minuman ini disajikan dalam kondisi dingin. Setelah dibuat, minuman ini ditempatkan ke lemari pendingin.

Es Buah sering kali menggugah selera setelah makan menu-menu utama di atas. Tambahan sirup leci ataupun gula akan menambah citarasa minuman terdebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lebaran

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top