Travel

JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019 - Pelaku Usaha: Pemerintah Belum Minat Kembangkan Pariwisata Bangli

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Selasa, 4 Juni 2019 - 22:36
Bagikan

Bisnis.com, GIANYAR - Sudah bukan rahasia lagi bahwa industri pariwisata di Pulau Dewata, Bali, masih terkonsentrasi di bagian selatan yang umumnya menawarkan nuansa pantai.

Padahal, Bali tak hanya melulu pantai dan laut. Jika bergerak ke arah selatan, pelancong akan disuguhi wisata dataran tinggi yang tak kalah indah.

Namun sayangnya, pengembangan pariwisata di bagian utara Bali masih belum memenuhi prinsip pemerataan ekonomi.

Hal itu diakui Direktur Toya Devasya Hotspring Wellness Resort Putu Ayu Astiti Saraswati.

Sebagai pelaku industri pariwisata, kawasan yang terkenal dengan Danau dan Gunung Batur, Ayu mengaku perhatian pemerintah belum tercurah pada pengembangan pariwisata di Bangli.

"Di Bangli [pengembangan] masih belum [sesuai harapan] karena tujuan utama [pemerintah] tidak disitu. Untuk melawan destinasi seperti di Sanur, tidak mudah juga, " katanya kepada Tim Jelajah Jawa-Bali, Selasa (4/6/2019).

Namun dia mengakui sejak bergulirnya dana desa, pengembangan pariwisata mulai terpacu meski belum masif dan signifikan. Dia mengatakan, memang perlu campur tangan pemerintah untuk melakukan intervensi.

Salah satu upaya untuk mengalihkan konsentrasi pariwisata Bali ke bagian utara adalah penyelenggaraan Festival Balingkang di Bangli untuk pertama kalinya tahun ini.

Menurut Ayu, festival yang diselenggarakan pada Februari 2019 tersebut sudah memberikan dampak terhadap pariwisata lokal, khususnya di Bangli. Diharapkan penyelenggaraan festival akan rutin setiap tahun.

Festival diselenggarakan bertepatan dengan Hari Raya Imlek dan menyasar wisatawan mancanegara, khususnya dari China.
Danau Batur dan Gunung Batur yang terletak di Kintamani, Bangli berada di kawasan Batur Global Geopark. Selain itu, kawasan ini juga meliputi Gunung Agung dan Gunung Abang. Keduanya ramai dikunjungi para pendaki dari berbagai daerah dan luar negeri.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro