JELAJAH JAWA BALI 2019: Terdampak Harga Tiket Pesawat, Penginapan di Kintamani Sepi Pengunjung Domestik

Jumlah tamu domestik yang memenuhi hotel, villa, maupun camping di Kintamani, Bangli, mengalami penurunan cukup signifikan, nyaris 40% pada Lebaran tahun ini.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 04 Juni 2019  |  22:20 WIB
JELAJAH JAWA BALI 2019: Terdampak Harga Tiket Pesawat, Penginapan di Kintamani Sepi Pengunjung Domestik
Wisatawan menanti Matahari terbit di Bukit Bubung Gede, Kintamani, Bangli sambil menikmati secangkir kopi. - Tim Jelajah Jawa Bali 2019

Bisnis.com, DENPASAR — Jumlah tamu domestik yang memenuhi hotel, vila, maupun camping di Kintamani, Bangli, mengalami penurunan cukup signifikan, nyaris 40% pada Lebaran tahun ini.

Direktur Toya Devasya Hotspring Wellness Resort Putu Ayu Astiti Saraswati mengatakan bahwa di lokasi vila sekaligus camping-nya mengalami penurunan jumlah tamu domestik sekitar 30%-40%.

"Salah satu penyebabnya ya harga tiket itu, terus kalau Lebaran kan ngga ada orang Lebaran di Bali, kebanyakan liburan," jelasnya saat ditemui Bisnis, Selasa (4/6/2019).

Pada periode Lebaran tahun lalu, jelasnya, Toya Devasya mendapat 1.500 pengunjung per hari. Namun, pada tahun ini hanya sekitar 600-an pengunjung.

"Dari asing dan domestik pangsanya masing-masing 70% dan 30% lah. Dulu 60% asing, kebanyakan dari China dan 40% domestik," lanjutnya.

Ayu berharap tahun ini pihaknya bisa mendapatkan lebih banyak kunjungan, terutama dari tamu domestik. Salah satu upayanya dengan memacu pemasaran lewat media sosial. Selain itu, pemasaran juga dilakukan melalui pihak online travel agent (OTA) seperti Traveloka dan Agoda.

"Dengan masuk ke OTA itu diharapkan makin banyak juga pengunjung dari asingnya," katanya.

 Tim Jelajah Jawa Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Wibi Pratama, Mutiara Nabila, Ni Putu Eka Wiratmini)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Editor : Nurbaiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top