JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019 : Tendangan Segar dan Sedap Soto Semarang

Soto semarang menjadi salah satu alternatif kuliner yang dapat dinikmati ketika melewati atau berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 01 Juni 2019  |  10:00 WIB
JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019 : Tendangan Segar dan Sedap Soto Semarang
Hidangan soto semarang bisa menjadi alternatif kuliner ketika melewati atau berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah. - Bisnis/Tim Jelajah Jawa Bali 2019

Bisnis.com, SEMARANG -- Soto telah menjadi satu dari lima kuliner nasional Indonesia yang dicanangkan Kementerian Pariwisata. Tak heran, karena soto merupakan kuliner khas yang dimiliki hampir setiap daerah, misalnya soto betawi, soto lamongan, soto madura, dan sebagainya.

Bertandang ke Semarang, Tim Jelajah Lebaran Jawa Bali 2019 tidak hanya disuguhi dengan aneka lunpia yang memang menjadi ciri khas kota besar kelima di Indonesia ini. Soto rupanya juga menjadi ciri khas lainnya dari Semarang.

Berbeda dengan sajian biasanya, Semarang bukan menjadikan soto sebagai makanan besar. Soto Semarang rupanya lebih cocok menjadi hidangan pembuka pengganjal perut sementara.

Maklum, soto semarang disuguhkan dalam wadah mangkok kecil. Di dalamnya terdapat nasi, kuah kaldu ayam, ayam suir, sayur tauge, dan mie putih. Dalam mangkok kecil tersebut, semua bahan ditempatkan jadi satu.

Sepintas tidak ada yang cukup membedakan soto semarang dengan kuliner serupa lainnya selain sajiannya yang dalam porsi kecil. Tetapi, suguhan soto semarang ternyata bukan terletak hanya pada sotonya saja.

Pemesan juga akan disuguhi lauk teman soto seperti tempe, tahu, telur puyuh, sate usus, maupun perkedel. Ya, kenikmatan menyantap soto semarang tidak hanya pada sotonya saja, tapi juga cemilan lauk tadi yang bisa menjadi pengganti kerupuk.

Soal rasa, soto semarang dijamin akan menendang lidah. Sebab, kuah bening yang berasal dari kaldu ayam memberikan rasa yang segar sehingga cocok menjadi kudapan yang membuat mata melek.

Jika diperhatikan dengan baik, soto semarang tidak banyak memberikan aneka sayur di dalam bahannya. Bahkan, ketiadaan kol menjadi ciri khas soto semarang yang membedakannya dengan soto lain seperti yang ada di Kudus.

Nah, jika sudah doyan dan cocok dengan cita rasa Soto Semarang tetapi masih merasa kurang, tidak ada salahnya memesan satu mangkok lagi. Sebab, rupanya sudah jadi kebiasaan pemesan soto semarang akan memesan mangkok tambahan untuk kuliner satu ini.

Kata pemilik warung kepada Tim Jelajah, "Kalau satu kurang, kalau dua kebanyakan".

Jadi, Sobat Bisnis mau pesan berapa mangkok soto semarang?

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kuliner, Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top