Objek wisata pemandian air panas Grojogan Sewu Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu, Rejang, Bengkulu./Antara
Travel

Warga Sumber Urip Bengkulu Kembangkan Wisata Air Panas

Newswire
Jumat, 31 Mei 2019 - 23:24
Bagikan

Bisnis.com, BENGKULU – Sejumlah warga di Desa Sumber Urip, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, secara swadaya mengembangkan potensi wisata pemandian air panas yang terdapat di desa itu dengan harapan dapat menjadi objek wisata baru.

"Objek wisata ini baru kami buka 11 bulan lalu, di mana tanah ini milik pak Warsilun warga Desa Sumber Urip dan kami kelola dengan sistem komisi, saya 70 persen dan pemilik lahan 30 persen," kata Supardi Effendi, 45 tahun, pengelola objek wisata pemandian air panas Grojogan Sewu Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang.

Objek wisata pemandian air panas itu sendiri tambah dia, berada di kaki Gunung Api Bukit Kaba dengan luasan lahan mencapai 7.500 meter persegi didukung oleh pemandangan yang masih asri serta perkebunan sayur milik warga, dengan jarak tempuh dari jalan utama desa sekitar 1 km.

Pengunjung lokasi wisata yang masih dikelola secara sederhana ini, setiap orangnya dikenakan biaya tiket masuk Rp5.000 dan biaya parkir kendaraan sepeda motor Rp2.000. Pengunjung selanjutnya akan bisa berendam maupun mandi di air pancuran hanga sepuasnya. 

"Pengunjung bisa mandi di dua kolam kecil yang sudah kami sediakan, atau juga bisa mandi dipancuran yang dialirkan menggunakan bambu maupun pipa paralaon. Air hangat ini mengalir dari sela-sela bebatuan di bagian atas tebing," ujarnya.

Lokasi pemandian air hangat yang bersumber dari Gunung Api Bukit Kaba ini, kata Supardi Effendi, banyak di datangi pengunjung baik dari kota dan kabupaten di Bengkulu serta pengunjung dari luar daerah, karena diyakini bisa menyembuhkan sejumlah penyakit seperti penyakit kulit hingga stroke.

Sejauh ini objek wisata yang dikembangkanya masih menggunakan dana pribadi baik untuk pembuatan jalan tanah maupun pembuatan jembatan beton.

Untuk pembuatan jalan tanah ini, dirinya sudah membeli beberapa truk batu pecah yang digunakan sebagai perkerasan jalan, sedangkan pengerjaannya dilakukan secara gotong royong.

Sementara itu, Samsul salah seorang pengunjung objek wisata Grojogan Sewu, mengatakan pemandian air panas itu jika dikelola dengan baik akan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik di Rejang Lebong.

"Selain air hangatnya benar-benar panas, juga pemandangannya masih asri. Kalau ini dikelola dengan baik nantinya akan menjadi tujuan wisata yang menarik," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro