10 Destinasi Wisata Menarik Saat Libur Lebaran di Semarang

Semarang biasanya menjadi salah satu kota yang ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan panjang, seperti libur Lebaran.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 28 Mei 2019  |  18:12 WIB
10 Destinasi Wisata Menarik Saat Libur Lebaran di Semarang
kawasan wisata Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/12/2018). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA — Semarang biasanya menjadi salah satu kota yang ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan panjang, seperti libur Lebaran.

Semarang memiliki destinasi wisata beragam yang cukup lengkap, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kekinian. Berikut 10 rekomendasi destinasi wisata di Semarang yang Bisnis.com rangkum:

1. Ayana Gedong Songo

Ayana Gedong Songo merupakan objek wisata kekinian yang Instagram-able dan sedang hits di Semarang. Lokasinya masih berada dalam satu kawasan dengan kawasan wisata Candi Gedong Songo di Bandungan, Kabupaten Semarang.

Di sini pengunjung bisa menikmati beragam spot foto cantik dan unik yang disediakan, seperti sofa unik di tengah kolam, balon udara, tenda gelembung, dan masih banyak lagi. Jika lelah, pengunjung juga bisa duduk-duduk bersantai sambil menikmati pemandangan alam kaki Gunung Ungaran.

Sebelum memasuki lokasi Ayana, pengunjung harus membeli tiket masuk Candi Gedong Songo terlebih dahulu seharga Rp10.000 per orang. Setelah itu, pengunjung bisa memasuki area Ayana dengan membayar tiket masuk lagi seharga Rp20.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.

2. Umbul Sidomukti

Kawasan ini merupakan salah satu wisata alam pegunungan di Semarang yang terletak di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Daya tarik utama wisata ini adalah kolam renang alamnya yang bertingkat.

Terdapat tiga buah tingkat kolam renang yang memiliki kedalaman berbeda-beda. Sesuai dengan namanya, Taman Renang Alami, masih sangat alami dengan airnya bersumber dari mata air Pegunungan Ungaran. Kolam renang ini berlantai dan berdinding batu-batu. Untuk bisa berenang di sini cukup membayar Rp10.000 untuk hari biasa dan Rp15.000 untuk akhir pekan.

Selain itu, Umbul Sidomukti juga didukung fasilitas outbond, seperti flying fox, marine bridge, sepeda awang, ATV, dan lainnya. Harga untuk wahana outbound bervariasi mulai dari Rp20.000-Rp45.000. Ada juga camping ground, pondok wisata, pondok lesehan, dan pondok kopi.

3. Grand Maerakaca

Grand Maerakaca adalah re-branding dari Puri Maerakaca yang juga dikenal sebagai Taman Mini Jawa Tengah Indah. Pengunjung dapat menikmati sensasi mengelilingi Jawa Tengah melalui 35 anjungan atau rumah adat yang mewakili kabupaten/kota di Jawa Tengah. Disediakan kereta mini bagi pengunjung untuk berkeliling anjungan.

Tak hanya ada wisata budaya, di sini pengunjung juga dapat mengelilingi miniatur Laut Jawa dengan menggunakan perahu sambil menikmati pemandangan tanaman mangrove atau bakau. Adapula wahana trekking mangrove yang menjadi favorit pengunjung untuk berburu foto. Trekking mangrove dilengkapi dengan hiburan ikan bandeng loncat.

Lokasi Grand Maerakaca berada satu kawasan dengan Pusat Rekeasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah. Tepatnya di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat. Tiket masuknya dipatok mulai dari Rp10.000 per orang.

4. Lawang Sewu

Bangunan yang memiliki banyak pintu ini terkenal akan kisah-kisah mistisnya yang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tempat bersejarah ini dulunya dibangun saat Belanda masih menduduki Indonesia, dan difungsikan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api saat itu.

Kini Pemerintah Kota Semarang memasukkan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang sangat dilindungi. Jika tertarik merasakan nuansa yang lebih mencekam, Anda bisa menjelajahi Lawang Sewu di malam hari dengan dampingan pemandu.

5. Klenteng Sam Poo Kong

Dibangun di atas lahan seluas 3,7 hektare, Klenteng Sam Poo Kong menjadi magnet wisata di kota Semarang. Bangunan kuno ini pertama kali didirikan pada tahun 1724 oleh masyarakat Tionghoa di Semarang.

Klenteng Sam Po Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tempat ini juga biasa disebut Gedung Batu, karena bentuknya merupakan sebuah gua batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu.

Meski telah banyak mengalami perubahan bentuk bangunan, masih banyak turis yang datang untuk melakukan wisata religi.

6. Curug 7 Bidadari

Air terjun yang terletak di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono ini dianggap sebagai air terjun paling indah di Kabupaten Semarang. Curug 7 Bidadari memang memiliki ciri khas tersendiri.

Terletak pada tebing yang tidak terlalu tinggi, curug ini punya tiga tingkatan jatuhnya air. Sesuai dengan namanya, curug ini memiliki 7 aliran yang terjun dari satu sumber.

Di lokasi ini juga terdapat sumber air suci yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Fasilitas di sini juga terbilang lengkap, seperti toilet, kamar mandi, musala, dan warung makan. Tiket masuknya cukup murah, yakni sekitar Rp5.000.

7. Goa Kreo

Goa yang berada di tengah waduk ini dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak. Untuk mencapai mulut goa, pengunjung harus melewati anak tangga yang cukup banyak dan curam.

Destinasi wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, yakni pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan kera-kera penunggu kawasan ini.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk serta bercanda dengan kera penunggu kawasan ini, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan waduk Jatibarang, bermain ski air, atau memancing.

Beberapa tahun terakhir ini, pengelola Goa Kreo menambah fasilitas spot foto kekinian untuk menambah daya tarik wisatawan. Di antaranya ada spot foto di atas awan, konsep salju, balon udara, dan lainnya. Belakangan spot foto tersebut menjadi wisata hits, khususnya di kalangan anak muda.

8. Watu Gunung Ungaran

Objek wisata ini memadukan konsep pemandian alami dengan nuansa tradisional. Kolam renang di Watu Gunung memiliki air yang jernih dan segar karena berasal dari sumber mata air yang ada di lereng Gunung Ungaran.

Di sekitar kolam, terdapat bangunan-bangunan joglo khas Jawa yang menambah kesan tradisional. Pengunjung bisa menggunakan bangunan tersebut untuk bersantai dan beristirahat.

Wisata ini berlokasi di Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Tiket masuknya dipatok sekitar Rp20.000-Rp25.000.

9. Kota Lama Semarang

Sama seperti di beberapa kota besar di Indonesia lainnya, Semarang juga memiliki wisata kota tua yang menarik untuk dikunjungi.

Di kawasan Kota Lama, Anda akan menjumpai puluhan gedung-gedung kuno dengan arsitektur khas Eropa klasik yang dibangun pada zaman kolonial Belanda.

Di sekitarnya juga terdapat kanal-kanal air yang sampai sekarang masih terjaga kondisinya. Turis yang datang lebih sering berfoto dengan latar bangunan kuno tersebut.

10. Pantai Marina

Pantai merupakan tempat yang paling cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Pantai Marina yang terletak di ujung utara Kota Semarang mungkin bisa menjadi pilihan.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi, terutama di sore hari untuk menyaksikan indahnya saat-saat terbenam matahari. Pantai Marina juga dilengkapi dengan kolam renang, taman bermain anak-anak, gazebo, lapangan voli pantai, serta rekreasi air, dan speed boat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
semarang, destinasi wisata

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top