Ini 10 Rekomendasi Wisata Menarik untuk Libur Lebaran di Yogyakarta

Untuk Anda yang berencana menghabiskan libur Lebaran di Yogyakarta, Bisnis.com telah memilihkan 10 destinasi yang menarik untuk dikunjungi.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 28 Mei 2019  |  09:00 WIB
Ini 10 Rekomendasi Wisata Menarik untuk Libur Lebaran di Yogyakarta
Repro

Bisnis.com, JAKARTA – Libur panjang Lebaran 2019 sudah di depan mata. Selain bersilaturahmi, memanfaatkan waktu dengan mengunjungi destinasi wisata adalah pilihan yang bisa Anda lakukan. Namun, sudahkan Anda menetukan mau berwisata ke mana?

Untuk Anda yang berencana menghabiskan libur Lebaran di Yogyakarta, Bisnis.com telah memilihkan 10 destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Tentu pilihan ini tanpa mengurangi daya tarik destinasi lain di Yogyakarta yang tidak masuk dalam daftar berikut ini:

  1. Kebun Buah Mangunan

Berada di ketinggian sekitar 150–200 mdpl dengan luas mencapai 23,3 hektare, Kebun Buah Mangunan cocok menjadi tempat liburan bagi yang ingin melepas penat dengan kehidupan perkotaan.

Di sini pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat menyejukan dari hijaunya deretan perbukitan sewu, ditambah dengan liukan Kali Oya yang menambah epic pemandangan.

Waktu favorit mengunjungi Kebun Buah Mangunan, yaitu saat matahari terbit dan saat matahari tenggelam. Bila datang saat matahari terbit, Anda akan dapat menyaksikan fenomena lautan awan putih.

Selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini, diantaranya hiking, berkemah, outbond dan lainnya. Biaya masuk Kebun Buah Mangunan pun cukup murah, yakni hanya sebesar Rp5.000 per orang.

  1. Puncak Becici

Bagi yang ingin menikmati panorama alam Yogyakarta dari ketinggian, Puncak Becici bisa menjadi pilihan. Puncak Becici merupakan kawasan hutan pinus yang terletak di Desa Muntuk Kecamatan Dlingo, Bantul dengan luas area hutan pinus mencapai 4,4 hektar.

Puncak Becici ini merupakan tempat ideal untuk menikmati terbenamnya matahari. Pengunjung juga bisa bersantai menggunakan hammock, cukup menyewa Rp20.000 per 2 jam. Fasilitas pendukung di sini pun juga sudah cukup memadai, seperti mushala, toilet, dan parkir.

Untuk menikmati keindahan alam di Puncak Becici, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp2.000. Sedangkan untuk parkir roda doa sekitar Rp2.000, mobil Rp5.000, dan bus Rp20.000.

  1. Pantai Sadranan

Beranjak ke wilayah Gunungkidul, deretan pantai pasir putih dan pantai tebing karang siap memanjakan mata Anda. Dari sekian banyak pantai yang ada, salah satu pantai yang patut dikunjungi adalah Pantai Sadranan. Di luar Sadranan, banyak pantai cantik lain seperti Pantai Timang, Pantai Baron, Pantai Ngobaran, Pantai Kukup, Pantai Ngrenehan, Pantai Gesing, Pantai Siung, Pantai Nglambor, hingga Pantai Wedi Ombo.

Tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, Pantai Sadranan yang terletak di Kecamatan Tepus ini juga tersedia berbagai aktivitas air yang seru, seperti snorkeling. Wisatawan dapat mengamati keindahan biota laut cukup dengan menyewa peralatan snorkeling seharga Rp50.000 untuk 2 jam.

Wisatawan juga bisa mengabadikan petualangannya dengan berfoto yang akan dibantu oleh pemandu. Untuk penyewaan alat snorkeling dengan kelompok minimal lima orang akan mendapat bonus foto – foto gratis menggunakan kamera under water.

Selain snorkeling, di pantai Sadranan ini juga menyediakan layanan Rafting Wave, Surfing atau selancar. Rafting wave ini dilakukan dengan mengunakan tube atau ban karet sebagai sarana untuk mengapung. Aktivitas ini di banderol dengan harga Rp30.000 dengan durasi waktu dua jam. Sedangkan yang ingin bersenlancar di sedikan penyewaan papan selancar dengan harga Rp100.000 dengan durasi 1 jam.

  1. Candi Ratu Boko

Candi yang terletak di Kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta.

Ratu Boko terletak 196 meter di atas permukaan laut. Area candi seluas 250.000 m2 terbagi menjadi empat bagian, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban.

Sedangkan, bagian tenggara meliputi pendopo, balai-balai, tiga candi, kolam, dan kompleks Keputren. Kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam terdapat di bagian timur.

  1. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay yang mengangkat tema pirates atau bajak laut ini disebut-sebut sebagai salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara. Pengunjung dapat menikmati keseruan berbagai permainan air yang memacu adrenalin, seperti Memo Racer, Volcano Coaster, Timo Rider, Jolie Raft River, dan Brando Boomeranggo.

Terdapat juga wahana kolam ombak yang mempunyai sembilan jenis ombak berbeda. Anda juga bisa bersantai mengalir bersama air serasa berada di sungai di kolam arus. Kolam ini dapat dinikmati oleh segala usia.

Sedangkan untuk wahana air anak, Jogja Bay Waterpark menyediakan Ziggy Giant Barrel, Mimi Family dan Hip Playground.

Tiket masuk Jogja Bay untuk anak-anak sekitar Rp60.000 pada hari biasa dan Rp70.000 untuk akhir pekan. Sedangkan untuk dewasa, tiketnya sekitar Rp90.000 untuk hari biasa dan Rp100.000 untuk akhir pekan.

  1. Lava Tour Merapi

Bagi yang ingin menikmati liburan yang sedikit ekstrem sembari menikmati keindahan alam Gunung Merapi, bisa menjajal menaiki jeep lava tour. Anda akan diajak berkeliling Merapi dengan jeep melalui jalan yang ekstrem, berliku, dan naik turun.

Terdapat berbagai macam paket yang disediakan oleh penyedia jasa jeep lava tour. Beberapa diantaranya ada paket sunrise dengan harga Rp400.000 per 2,5 jam. Wisatawan akan diajak basah-basahan menyusuri track Air Kali Kuning, mengunjungi Bunker Kaliadem, yakni tempat untuk berlindung saat terjadi letusan Merapi, kemudian mengunjungi Batu Wajah/Batu Alien dan mini museum.

Tersedia juga paket short dengan harga sekitar Rp350.000 per 2 jam, paket medium Rp450.000 per 3 jam, dan paket long seharga Rp550.000 per 4 jam. Pada paket long, pengunjung akan diajak berkeliling mulai dari mini museum, Batu Wajah, Bunker Kaliadem, petilsan dan makam Mbah Marijan, dan track air Kali Kuning.

  1. Sindu Kusuma Edu Park

Objek wisata ini merupakan wahana permainan yang mengusung tema rekreasi keluarga dan edukasi yang terletak di Jalan Magelang KM 2 (Jambon), Sinduadi, Sleman. Terdapat berbagai macam wahana yang bisa dinikmati pengunjung, salah satunya yang paling menarik adalah bianglala raksasa dengan tinggi sekitar 48 meter.

Selain bianglala raksasa, ada banyak wahana lain yang menarik untuk dicoba, seperti kereta mini, rotary cupcake, bumper car, sepeda mabur, dan mobil listrik. Adapula House of Terror bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi horror dengan menaiki kereta yang masuk ke dalam kegelapan dunia lain atau cinema 8D yang menggunakan teknologi Korea dimana pengunjung diajak menonton dengan pengalaman yang berbeda.

Pengunjung dapat menikmati wahana di Sindu Kusuma sepuasnya dengan tiket terusan seharga Rp70.000.

  1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis, salah satu pantai paling terkenal di Yogyakarta ini, sangat cocok untuk menikmati waktu libur bersama keluarga. Pantai ini terkenal dengan debur ombaknya yang menggelegar serta bukit-bukit kecil di sekitar pantai, yang biasanya disebut gumuk.

Karena merupakan salah satu pantai yang paling sering dikunjungi, fasilitas di pantai ini pun sangat memadai. Selain menikmati keindahan destinasi wisata pantai terluas di Bantul ini, pengunjung juga bisa menikmati berbagai aktivitas wisata yang ditawarkan, seperti menyusuri pantai dengan mengendarai delman atau kuda dan mengendarai ATV.

Tiket masuknya juga sangat terjangkau. Untuk hari biasa, tiket masuk dipatok Rp6.750 dengan biaya asuransi Rp250. Sedangkan untuk hari libur, tiket masuknya seharga Rp9.750 dengan biaya asuransi Rp250.

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Masih berada satu kawasan dengan Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir menjadi wisata yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Objek wisata berupa gundukan pasir dalam volume besar yang terbentuk secara alami ini, merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.

Sembari merasakan sensasi suasana layaknya di gurun pasir, terdapat salah satu wahana unik yang menarik untuk dicoba, yakni sandboarding. Pengunjung dapat menikmati asiknya berseluncur di atas pasir dengan membayar sewa papan sekitar Rp150.000-Rp200.000.

Selain itu, kini Gumuk Pasir juga dilengkapi dengan beberapa spot foto yang Instagram-able, seperti ayunan di tengah lautan pasir, spot foto berbentuk love, dan lainnya. Pengunjung bisa berfoto sepuasnya tanpa dipungut biaya alias gratis.

  1. Rafting Kalibawang

Untuk Anda yang suka wisata petualangan yang memacu adrenalin, wisata arung jeram Sungai Progo di Kalibawang, Kulon Progo, ini bisa jadi pilihan. Keindahan alam dipadukan dengan derasnya arus sungai bakal membuat liburan penuh kenangan, tak salahnya jika Anda mencobanya.

Lokasinya di Dusun Kisik Kreo, Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang. Sungai Progo bawah memiliki rute 25 km dan durasi 4 jam pengarungan. Rafting Progo Bawah merupakan arung jeram dengan level kesulitan tertinggi.

Namun, jangan khawatir jika Anda belum punya banyak pengalaman melakukan rafting, Arung Jeram Kulon Progo juga memiliki rute yang bisa disesuaikan dengan pengalaman wisatawan. Ada yang untuk pemula, lanjutan, hingga profesional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top