Ilustrasi/Julemag
Travel

Nikmati Suasana Ramadan di 5 Negara Ini

Rayful Mudassir
Jumat, 24 Mei 2019 - 21:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Negara dengan mayoritas Muslim di dunia memiliki ragam sisi yang dapat dieksplorasi. Terlebih saat Ramadan, kesan saat menjalani puasa cukup kental terasa di negara tersebut.

Ragam hal yang dapat dilihat selama Ramadan, mulai dari arsitektur Islam, tradisi, budaya dan atraksi menarik hingga berbuka puasa seperti mencoba makanan lokal yang unik dapat ditemukan di beberapa negara mayoritas Muslim.

Berikut adalah lima destinasi rekomendasi Traveloka yang terbaik untuk bepergian selama bulan Ramadan.

Istanbul, Turki

Terletak di antara Asia dan Eropa, Turki adalah negara dengan populasi Muslim yang luas dan paling unik di dunia, karena negara ini terbentang di dua benua. Budaya, tradisi, dan sejarahnya yang luas menyebabkan pengalaman Ramadan di Turki akan berbeda dari yang lainnya.

 

Selama Idulfitri, banyak wisatawan berduyun-duyun ke Istanbul untuk mengunjungi kota yang kaya akan arsitektur Islam, seperti Masjid Biru yang ikonik dan Hagia Sophia untuk mendapatkan pengalaman spiritual yang berbeda dari biasanya.

Tidak hanya itu, jalan-jalan di Turki menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan dikarenakan berbagai pertunjukan di jalanan seperti layaknya karnaval. Setelah berjalan-jalan pastikan untuk menikmati masakan halal yang paling terkenal seperti Simit, Sucuk, Lahmacun dan masih banyak lagi

Dubai, UAE

Selama Ramadan, pergi ke Dubai merupakan waktu yang ideal untuk merencanakan kunjungan ke negara ini karena tempat-tempat wisata populer tidak terlalu ramai.

Turis tidak perlu menunggu antrian yang panjang untuk mengunjungi gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Bahkan yang lebih menarik, selama bulan Ramadhan hotspot untuk turis menawarkan berbagai acara yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat untuk mendidik masyarakat mengenai pentingnya bulan Ramadan.

Selain itu, tenda yang dijajarkan di sepanjang pantai digunakan untuk prasmanan berbuka puasa jangan sampai dilewatkan. Penduduk setempat berkumpul untuk Iftar di tenda-tenda ini sambil menikmati permainan saat berbuka.

Maroko

Sebagai tujuan paling unik di Afrika, perpaduan warisan budaya, tradisi, dan pemandangan luar biasa di Maroko akan membuat Anda takjub dan terpesona dengan kombinasi budaya Arab-Afrika dan sejarah bohemian yang luar biasa unik di Maroko.

 

Bergabunglah dalam doa Idulfitri khusus dan temukan masjid terbesar di Afrika yaitu Masjid Hassan II, sambil menyaksikan pemandangan di bawah laut Samudra Atlantik yang spektakuler saat Ramadan ini.

Meskipun pilihan makanan dan minuman mungkin terbatas pada siang hari, bagi turis non-Muslim, Anda masih dapat memiliki makanan yang disediakan di hotel. Manjakan diri kita dengan kue-kue tradisional Maroko dan teh dengan rasa mint yang memiliki kelezatan unik selama musim Ramadhan.

 

Keindahan kota Maroko bisa disaksikan pada malam hari dan lihatlah keindahan pantulan cahaya kota, khususnya jalanan di Marrakesh yang menjadi sangat ramai setiap malam, dengan banyak pertunjukan lain yang dinanti-nantikan seperti pertunjukan jalanan, musisi, serta masakan khas Maroko yang dimasak untuk penduduk setempat saat mereka berkumpul untuk mengagumi pertunjukan ini di sepanjang pantai Agadir dan Essaouira.

Mencari lebih banyak petualangan? Marrakesh menawarkan berbagai kegiatan seperti naik unta, naik kereta dan bagi mereka yang berani menghadapi tantangan lebih, bisa bersepeda di gunung.

Kairo, Mesir

Ramadhan di Mesir dirayakan dengan dekorasi, doa, dan kegiatan budaya yang memberikan pengalaman unik. Rumah, restoran, pasar dan jalan-jalan diterangi dengan Fanoos tradisional yang berwarna-warni (lentera Ramadan) untuk memperingati perayaan bulan suci.

 

Kairo juga memiliki banyak perayaan yang menyenangkan. Apabila kita memesan makanan disini, kita akan mendapatkan porsi yang berlebihan dari masakan Mesir.

Bersosialisasi dengan penduduk setempat di kafe-kafe di trotoar di mana tenda-tenda dipenuhi dengan keluarga dan teman-teman yang santai sambil menikmati taamey, yaitu kombinasi makanan dengan bawang putih, bawang merah dan rempah-rempah. Kita juga dapat menikmati malam di Kairo dengan berjalan-jalan di El Moez Street, sebuah museum terbuka dan monumen Islam.

Bergabunglah dengan penduduk setempat di bulan Ramadhan ini saat mereka menyumbangkan apa yang dimiliki kepada mereka yang membutuhkan, yaitu dengan mengumpulkan dana dan menyediakan makanan bagi mereka.

Kuala Lumpur, Malaysia

Sebagai negara dengan mayoritas Muslim, Ramadan di Malaysia dipersepsikan berbeda, di mana keragaman tradisi keagamaan dan beragam budaya tidak pernah gagal untuk memikat pengunjung ketika orang Malaysia saling merangkul satu sama lain.

 

Berpuasa di Malaysia dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang karena cuacanya yang kurang bersahabat, namun pada siang hari di Kuala Lumpur tidak pernah sepi dengan orang yang berjalan - jalan dan berbelanja untuk Hari Raya.

Anda dapat berbuka puasa bersama penduduk setempat dan dapatkan cita rasa berbagai jenis makanan lokal dan camilan khas Malaysia yang lezat di Bazaar Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro