10 Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Libur Lebaran di Bandung

Libur Lebaran memang masih 2 minggu lagi, namun tak ada salahnya mulai merancang rencana liburan mulai dari sekarang.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  22:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Libur Lebaran memang masih 2 minggu lagi, namun tak ada salahnya mulai merancang rencana liburan mulai dari sekarang.

Nah, Kota Bandung bisa menjadi salah satu pilihan untuk masuk dalam daftar destinasi liburan Anda. Selain kaya akan wisata alam, Bandung juga menawarkan banyak wisata unik.

Berikut 10 rekomendasi destinasi wisata di Bandung yang Bisnis.com rangkum:

1.Floating Market Lembang

Tempat rekreasi yang berada di Lembang, Bandung Barat ini bisa menjadi pilihan utama untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Kegiatan yang bisa dilakukan pun cukup beragam, seperti wisata kuliner. Sambil menikmati pemandangan dan udara yang sejuk, Anda dapat menjajal aneka ragam kuliner lezat yang dijajakan di pasar terapung.

Kemudian, tersedia juga wisata air. Di Floating Market Lembang terdapat wahana air yang bisa digunakan untuk mengelilingi danau, diantaranya kereta air, sepeda air, sampan hingga kano. Tersedia pula kolam renang, membuat Anda bisa berenang sambil menikmati hamparan bunga.

Hal unik lain yang patut dicoba di sini adalah menyewa pakaian tradisional khas Jepang dan Korea untuk digunakan berfoto di Kyotoku Costume Rental. Harga sewanya sebesar Rp175.000 selama 1 jam. Bagi yang suka berfoto, terdapat area Rainbow Garden yang di dalamnya banyak spot untuk berswafoto. Untuk masuk area ini diharuskan membayar tiket Rp10.000 per orang.

Selain itu, kawasan Floating Market juga menawarkan wisata edukasi bagi anak-anak, yaitu Kota Mini. Dengan konsep perkotaan bergaya Eropa, anak-anak bisa bermain peran berbagai macam profesi, seperti pemadam kebakaran, chef, suster, dan lainnya. Tiket masuk area ini, sekitar Rp25.000 dan untuk menjajal wahana di dalamnya harus membayar tiket sekitar Rp25.000-Rp30.000.

Adapun tiket masuk kawasan Floating Market sendiri dipatok Rp20.000 untuk Senin-Jumat dan Rp25.000 untuk akhir pekan.

2.Dusun Bambu

Dusun Bambu merupakan sebuah taman rekreasi untuk keluarga berbasis ecotourism yang terletak di Desa Kartawangi, Cisarua, Bandung Barat. Kombinasi antara keindahan alam dan budaya tradisional sunda akan memanjakan mata Anda.

Dusun Bambu menyediakan berbagai macam fasilitas untuk setiap pengunjungnya, mulai dari restoran, camping ground, hingga aktivitas outdoor.

Terdapat restoran yang cukup unik yang menyerupai sangkar burung. Restoran yang dinamai Lutung Kasarung tersebut menjadi salah satu venue instagram-able di Dusun Bambu.

Bagi yang ingin berpetualangan bisa mengunjungi area Kampung Ulin. Ada berbagai aktivitas outdoor, mulai dari menembak target, melempar pisau, paint ball, ATV, hingga memberi makan kelinci dan memetik stroberi.

Tiket masuk ke Dusun Bambu dipatok Rp25.000 per orang untuk Senin-Jumat dan Rp30.000 per orang untuk akhir pekan dan hari libur.

3.De'Ranch Lembang

Objek wisata ini menawarkan sensasi wisata berkuda ala cowboy di tengah sejuknya udara pegunungan Lembang. Tersedia bebagai macam aktivitas berkuda yang bisa dinikmati pengunjung balita hingga dewasa.

Beberapa aktivitas yang disediakan, antara lain tunggang kuda ala cowboy (joy ride), tunggang kuda poni untuk balita, jalan-jalan berkuda (riding out) di luar area De'Ranch, pelajaran tunggang (horse riding lesson), naik delman, dan lain-lain.

Tiket masuk De'Ranch yang berada di Lembang, Bandung Barat ini dipatok seharga Rp15.000 per orang. Namun untuk menikmati wahana dan fasilitas di sana, pengunjung harus membayar tiket lagi sekitar Rp15.000-Rp25.000 per wahana.

4.Orchid Forest Cikole

Wisata alam pohon pinus Orchid Forest Cikole yang terletak di Jalan Tangkuban Perahu KM 8, Cikole, Lembang. Wisata hutan pinus ini berbeda dengan destinasi wisata lainnya karena dikemas sebagai One Stop Family Adventure sehingga tak sekadar menawarkan pemandangan asri dengan udara sejuk di tengah hutan pinus saja.

Dengan konsep wisata edukasi, kawasan ini menjadi tempat untuk bisa mengenal berbagai macam anggrek. Selain anggrek, wisatawan juga dapat menikmati berbagai wahana permainan seperti flying fox, hanging rope, menunggang kuda, dan rabbit house.

Untuk masuk ke Orchid Forest, pengunjung dikenakan tiket masuk Rp25.000. Namun, untuk hari besar seperti libur Lebaran, harga tiket bisa naik menjadi Rp 35.000 untuk wisatawan domestik dan Rp100.000 untuk turis mancanegara.

5.Kawah Putih

Kawah Putih menjadi salah satu ikon wisata alam Bandung Selatan yang tak boleh dilewatkan. Objek wisata ini juga menjadi salah satu favorit kunjungan wisata di kawasan Ciwidey.

Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna.

Tiket masuk pengunjung dipatok sekitar Rp20.000 per orang. Untuk menuju Kawah Putih yang cukup jauh dari gerbang loket, pengunjung dapat menggunakan mobil pribadi dengan membayar tiket sekitar Rp150.000 atau dapat menggunakan ontang-anting, kendaraan yang disediakan pihak pengelola, seharga Rp15.000 per orang.

6.Kampung Cai Rancaupas

Rancaupas merupakan salah satu bumi perkemahan yang cukup digandrungi pecinta alam. Letaknya berada di Ciwidey, Kabupaten Bandung atau sekitar 50 kilometer dari pusat kota Bandung.

Selain sebagai tempat perkemahan, Rancaupas juga menjadi tempat penangkaran rusa yang menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan rusa, mulai dari memberi makan atau sekedar berfoto bersama rusa.

Tak hanya itu, pengunjung bisa menikmati berendam di kolam renang air hangat yang tersedia. Tiket masuknya pun cukup murah. Pengunjung hanya perlu membayar Rp10.000 per orang.

7.Tangkuban Perahu

Kawasan wisata alam Tangkuban Perahu menjadi salah satu wisata yang ramai dikunjungi ketika libur Lebaran. Keindahan alamnya sangat memanjakan mata pengunjung.

Pengunjung dapat melihat kawah dan merasakan udara dingin di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Ada tiga kawah di Tangkuban Perahu, yakni Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Pengunjung juga bisa menunggang kuda sembari mengitari kawasan Tangkuban Perahu.

8.The Lodge Maribaya

Berlokasi di Desa Cibodas Maribaya, lokasi wisata ini awalnya hanya menyediakan fasilitas untuk outbound dan berkemah. Baru kemudian pada 2016, pengelola mengembangkannya menjadi pariwisata kreatif yang menyediakan berbagai wahana dan spot foto yang unik.

Pengunjung bisa berfoto dengan sedikit ekstrem, misalnya berfoto sambil bersepeda di atas awan (zip bike), berayun di atas awan (mountain swing), atau sambil seolah-olah melakukan hang gliding di wahana gantole, dan masih banyak lagi.

Harga tiket untuk tiap-tiap spot foto bervariasi, mulai dari Rp15.000 hingga Rp35.000 per orang.

9.Trans Studio Bandung

Bila tak ingin jauh-jauh dari pusat kota Bandung, Anda bisa menikmati keseruan berlibur bersama keluarga di Trans Studio Bandung.

Salah satu indoor theme park terbesar di dunia ini menyediakan berbagai wahana yang siap mengguncang adrenalin, seperti Yamaha Racing Coaster, The Giant Swing, Jelajah by, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga tersedia wahana untuk anak-anak seperti Dunia Anak, Pulau Liliput, dan lain-lain.

Tiket masuknya dipatok Rp180.000 untuk Senin-Kamis, Rp200.000 untuk Jumat, sementara akhir pekan dan peak season dipatok Rp280.000.

10.Alun-Alun Bandung

Nah, bagi yang tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam bisa menghabiskan waktu di Alun-Alun Kota Bandung. Saat hari libur, tempat ini selalu ramai oleh pengunjung.

Area alun-alun yang kini dipasangi oleh rumput sintetis ini sangat nyaman untuk sekedar duduk-duduk bersantai atau menemani anak-anak bermain bola, dan lainnya. Kebersihannya juga terjaga karena pengunjung dilarang membawa makanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandung, Liburan, lebaran

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top