Pulau Pelangi, Kepulauan Seribu/Pemprov DKI
Travel

Ini 10 Tempat Wisata yang Cocok untuk Libur Lebaran 2019 di Jakarta

Denis Riantiza Meilanova
Senin, 20 Mei 2019 - 18:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagian besar penduduk Kota Jakarta akan menghabiskan libur Lebaran dengan mudik ke kampung halaman masing-masing. Bagi Anda yang tidak mudik, jangan khawatir bingung untuk menghabiskan waktu libur Lebaran.

Banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi untuk menikmati libur Lebaran bersama keluarga. Berikut 10 rekomendasi obyek wisata di Jakarta:

  1. Dunia Fantasi (Dufan)

Lokasi wisata yang menjadi bagian dari Taman Impian Jaya Ancol ini menawarkan berbagai wahana permainan menarik yang siap memanjakan pengunjung, mulai dari yang biasa hingga ekstrem.

Dufan terbagi menjadi beberapa kawasan, yakni Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, Kalila, Fantasy Lights, dan kawasan indoor.

Ini 10 Tempat Wisata yang Cocok untuk Libur Lebaran 2019 di Jakarta

Pada libur Lebaran tahun ini, Dufan akan meluncurkan tujuh wahana baru, salah satunya adalah wahana remaja pertama di Asia yaitu Baling-Baling dan enam wahana anak/keluarga, yaitu Kolibri, Paralayang, Karavel, Turbo Drop, Zig-Zag, dan New Ontang-Anting. Selain itu, Dufan juga akan menampilkan pertunjukan internasional dari Spongebob Squarepants mulai 25 Mei – 16 Juni 2019.

Harga tiket Dufan pada lebaran 2019 tidak mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan lebaran tahun lalu. Dufan menawarkan tiket Pre Sale II yang hanya bisa dibeli mulai 20 Mei-29 Mei 2019 seharga Rp310.000. Sedangkan harga pekan Lebaran, Dufan mematok harga tiket, yakni Rp325.000.

  1. Atlantis Water Adventures

Ini 10 Tempat Wisata yang Cocok untuk Libur Lebaran 2019 di Jakarta

Masih berada satu kawasan dengan Dufan, wisata air ini juga cocok menjadi tujuan wisata keluarga saat libur Lebaran. Taman rekreasi air ini mengangkat konsep peradaban dan kota-kota kuno di wilayah Mediterania yang lenyap akibat letusan gunung api dan gempa bumi.

Terdapat delapan kolam utama yang dinamai terkait dalam mitologi Yunani, seperti Apollo Pool, Poseidon Wave, Antila River, dan lainnya.

Untuk menikmati berbagai wahana air di Atlantis, Anda harus merogoh kocek Rp185.000, baik untuk weekday maupun weekend.

  1. Kebun Binatang Ragunan

Ini 10 Tempat Wisata yang Cocok untuk Libur Lebaran 2019 di Jakarta

Kebun Binatang Ragunan masih menjadi favorit warga Jakarta untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Taman seluas 147 hektar ini memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon membuat suasana lingkungannya sejuk dan nyaman.

Di sini, Anda bisa menjajal sensasi menunggang gajah dan onta hanya dengan tiket Rp7.500 per orang. Tak ketinggalan, biasanya juga ada atraksi berbagai satwa yang menghibur.

Ragunan juga memiliki pusat primata berkelas internasional, yakni Pusat Primata Schmutzer. Anda bisa melihat berbagai jenis primata di Indonesia, seperti orangutan, gorilla, simpanse, dan jenis-jenis primata langka dari dalam dan luar negeri lainnya.

Tempat rekreasi ini bisa menjadi salah satu pilihan wisata murah. Harga tiket masuk Dewasa hanya Rp4.000 per orang, sementara anak-anak Rp3.000 per orang.

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Ini 10 Tempat Wisata yang Cocok untuk Libur Lebaran 2019 di Jakarta

TMII merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Luas areanya kurang lebih 150 hektare.

Di sini Anda dapat melihat-lihat berbagai macam bangunan-bangunan rumah adat dari 33 provinsi di Indonesia. Selain itu, ada juga wahana air yang baru dibuka tahun lalu, yakni SnowBay Waterpark.

SnowBay Waterpark menyediakan berbagai fasilitas wisata air yang menyajikan bermacam tantangan air yang seru dan menegangkan, seperti kolam ombak, kolam arus, dan seluncuran kembar dengan kecepatan 50 kilometer per jam. Tiket masuk untuk weekend dan hari libur seharga Rp180.000.

Adapun tiket masuk TMII dipatok sebesar Rp20.000 untuk semua hari, termasuk hari libur. Namun, untuk menikmati wahana di dalamnya, Anda harus membeli tiket lagi, seperti Taman Legenda Keong Mas seharga Rp20.000-Rp30.000, naik kereta gantung Rp40.000-Rp50.000, dan lainnya.

  1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Jika ingin menikmati wisata alam, Taman Wisata Alam Angke Kapuk bisa menjadi pilihan. Objek wisata ini merupakan objek wisata hutan mangrove yang berlokasi di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Lokasi ini cocok bagi Anda yang ingin menghindar dari hiruk pikuk kota Jakarta sejenak dan menikmati angin semilir serta kicauan burung. Lokasi ini juga memiliki spot-spot yang cukup Instagramable bagi Anda yang memiliki hobi berfoto.

Tiket masuk Taman Wisata Alam Angke Kapuk untuk akhir pekan dan hari libur dipatok Rp30.000 per orang.

  1. Kepulauan Seribu

Ini 10 Tempat Wisata yang Cocok untuk Libur Lebaran 2019 di Jakarta

Pulau Pelangi/Pemprov DKI

Kepulauan Seribu memiliki beragam potensi wisata yang tidak habis untuk dieksplorasi.

Selain memiliki wisata alam dan kekayaan bawah laut yang begitu eksotis dan menggoda, pulau yang terletak di sebelah utara Teluk Jakarta ini memiliki ragam wisata sejarah, budaya dan wilayah konservasi nasional.

Beberapa pulau yang sering menjadi destinasi wisata, antara lain Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Sepa, dan masih banyak lagi. Untuk menuju pulau-pulau tersebut, tinggal menyebarang naik kapal dari Pelabuhan Muara Angke atau Pelabuhan Marina Ancol. Akses ke sana, sekarang ini juga relatif mudah dengan adanya berbagai macam jasa tour dan travel.

  1. Kota Tua

Ini 10 Tempat Wisata yang Cocok untuk Libur Lebaran 2019 di Jakarta

Salah satu destinasi wisata favorit di Jakarta lainnya adalah Kawasan Kota Tua. Kawasan ini memiliki beberapa bangunan cagar budaya, yakni Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Keramik, Gedung Pos Indonesia bersama beberapa gedung tua lainnya.

Bangunan-bangunan khas Belanda itu biasanya menjadi objek foto atau latar foto favorit para pengunjung. Lokasi wisata sejarah yang berada di Jakarta Barat ini jug mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi umum, seperti KRL atau bus TransJakarta.

  1. Monumen Nasional (Monas)

Ikon kota Jakarta ini memiliki tinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial belanda. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Selain melihat-lihat diorama sejarah nasional, Anda juga bisa menyaksikan panorama indah dari Kota Jakarta melalui fasilitas teropong yang ada di puncak monumen.

Harga tiketnya juga cukup terjangkau, yakni Rp20.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.

  1. Museum Macan

Ini 10 Tempat Wisata yang Cocok untuk Libur Lebaran 2019 di Jakarta

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN) merupakan museum seni yang menampilkan berbagai koleksi seni modern dan kontemporer dari Indonesia dan seluruh dunia. Ini juga bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan libur Lebaran.

  1. Kidzania Jakarta

KidZania Jakarta adalah sebuah theme park Dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi.

Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya.anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak usia 2-16 tahun.

Untuk hari Senin-Jumat, harga tiket yang dipatok mulai dari Rp50.000 untuk 2-3 tahun, Rp225.000 untuk usia 4-16 tahun, dan Rp175.000 untuk dewasa.

Sedangkan untuk hari Sabtu-Minggu, tiketnya dipatok mulai dari Rp100.000 untuk 2-3 tahun, Rp275.000 untuk usia 4-16 tahun, dan Rp225.000 untuk dewasa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro