Terumbu Karang Rusak, Turis Dilarang Berkunjung ke Pantai Terkenal Ini Hingga 2021

Teluk Maya, yang dikenal setelah tampil dalam film "The Beach", masih tertutup untuk turis hingga 2021.
Pemandangan Teluk Maya di Pulau Phi Phi, Thailand sebelum ditutup oleh pemerintah setempat pada 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Thailand memperpanjang penutupan Teluk Maya di Pulau Phi Phi, yang dikenal sebagai tempat syunting film "The Beach", hingga 2021.
 
Dilansir dari BBC, Jumat (10/5/2019), pemerintah setempat menutup pantai terkenal itu 2 tahun lebih lama dari rencana awal agar kehidupan laut di wilayah tersebut bisa pulih dengan baik. Sebelum ditutup pada 2018, sekitar 5.000 orang menyambangi pantai itu setiap harinya dan berakibat pada rusaknya terumbu karang.
 
Sejak ditutup, petugas menyampaikan adanya penampakan hiu karang blacktip di perairan Teluk Maya. 
 
"The Beach" adalah film keluaran 2000 yang dibintangi Leonardo DiCaprio. Film itu menggambarkan Teluk Maya sebagai pantai perawan yang sangat indah.
 
Profesor Thon Thamrongnawasawat, yang menjadi penasihat taman nasional Thailand, sebelumnya menyatakan bahwa setelah dibuka kembali nantinya, jumlah pengunjung Teluk Maya akan dibatasi. Perahu-perahu yang membawa para turis pun bakal dilarang untuk melepas sauh di dekat pantai.
 
Meski demikian, penutupan ini membuat para pelaku usaha pariwisata di kawasan itu mengeluhkan bisnis mereka. Kepala asosiasi pariwisata lokal Wattana Rerngsamut mengatakan seharusnya ada dengar pendapat publik supaya masyarakat sekitar bisa tetap mencari nafkah.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pantai, thailand

Sumber : BBC

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup