Pindang ikan Palembang, salah satu kuliner Palembang yang terkenal selain pempek./Bisnis-Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019
Kuliner

Bukan Hanya Pempek, Makanan Lezat Ini Juga Khas Palembang

Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019
Jumat, 3 Mei 2019 - 10:19
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG - Ternyata bukan hanya pempek yang menjadi makanan kebanggaan warga Palembang. Di bumi Sriwijaya ini ada makanan khas yang juga tak kalah terkenal yaitu pindang ikan.

Selagi berada di Palembang, Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra tentu tak ingin melewatkan kesempatan mencoba makanan satu ini. Kami pun mengunjungi salah satu restoran yang menjual pindang ikan.

Di dalam menu, ada banyak pilihan ikan bahkan protein lain seperti ayam dan burung yang dapat diolah jadi pindang, tapi yang paling terkenal dan paling digemari di Palembang adalah pindang patin dan pindang baung.

Sayangnya, resto yang kami kunjungi kehabisan pindang baung karena memang kami datang jauh dari jam makan siang. Pindang ikan memang kerap jadi pilihan untuk santap siang.

Akhirnya kami memesan pindang patin, pindang gabus, pindang ayam kampung, serta pindang telur ikan gabus. Sajian pindang sangat menggoda dengan kuah merah dan aroma segar yang berpadu dengan aroma dari daun kemangi.

Berbeda dengan pindang ikan yang ada di Jawa, pindang khas Sumsel ini bercita rasa asam, manis dan pedas dengan dominan rasa asam yang berasal dari tomat dan biji asam, di beberapa tempat dalam masakan pindang juga ditambahkan buah nanas untuk menambah kesegaran. Untuk bumbunya sendiri terdiri dari berbagai rempah seperti kunyit, serai, daun salam, jahe, lengkuas, kecap manis, dan daun bawang.

Jika suka rasa yang lebih pedas, dapat menambahkan sambal yang disajikan sepaket dengan menu pindang. Pilihan sambalnya pun beragam, ada sambal gerondong yang terbuat dari rawit dan bawang merah, sambal jengkol, sambal buah mangga, serta yang paling unik dan khas yaitu sambal tempoyak yang dicampur fermentasi durian.

Jika berkunjung ke Sumsel, makanan satu ini cocok untuk menjadi pilihan sebagai menu makan siang. Selain harganya terjangkau, yakni sekitar Rp20.000-Rp40.000 per porsi, Anda pun tidak akan kesulitan untuk menemukan restoran yang menjual pindang ikan karena bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah.

Bukan Hanya Pempek, Makanan Lezat Ini Juga Khas Palembang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : jelajah sumatra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro